Unstoppable Hopes by Gloria Morgen

34052927Judul/Title: Unstoppable Hopes: A Guide Book for the Wrong Faculty Student
Penulis/Author: Gloria Morgen
Penyunting/Editor: Saptono Raharjo
Desain Cover/Cover Design: Yayan Wijaya
Penerbit/Publisher: Penerbit Bhuana Ilmu Populer
ISBN: 978-602-394-349-4
Bookmail from: Gloria Morgen

Sinopsis/Synopsis:

Unstoppable Hopes memberikan harapan baru bagi setiap anak muda terutama yang mengalami salah jurusan di masa kuliahnya. Setiap orang diajak untuk mengenal strength dan passion yang mereka miliki, kemudian memaksimalkannya, hingga mampu memenangkan pertandingan versi mereka sendiri. Buku ini juga dilengkapi dengan Kata Pengantar dari Rene Suhardono, serta liputan wawancara dengan mereka yang telah berhasil sekalipun “Salah Jurusan”, seperti Dewi Lestari (penulis novel ternama, Supernova), Diana Rikasari (Fashion Blogger), Livi Sheng (Sutradara yang berhasil masuk nominasi Piala Oscar), Billy Simpson (Penyanyi dan pemenang “The Voice” Indonesia), Gunawan Susanto (CEO IBM) dan Natasha Alexandra (Entrepreneur).

Unstoppable Hopes give new hope to every young person, especially one who felt that they chose wrong majors in the college. Everyone is invited to recognize strength and passion they have, then maximize it, to be able to reach their own version of success. The book also comes with a Preface by Rene Suhardono, as well as coverage of interviews with sucessful people who once felt they chose wrong major in college, like Dewi Lestari (novelist), Diana Rikasari (Fashion Blogger), Livi Sheng (director), Billy Simpson (singer and winner of “The Voice” Indonesia), Susanto Gunawan (CEO of IBM) and Natasha Alexandra (Entrepreneur).

wp-1475313218336.png

The path to our destination is not always a straight one.
We go down the wrong road, we get lost, we turn back.
Maybe it doesn’t matter which road we embark on.
Maybe what matters is that we embark.
Barbara Hall

Merasa salah jurusan? Apakah sebaiknya kita keluar atau tetap bertahan? Mungkinkah kita bisa sukses ? Mungkin membaca buku Unstoppable Hopes karya Gloria Morgen ini bisa membantu menjawab permasalahanmu tersebut. Buku ini bercerita tentang tips menjadi sukses ketika kamu merasa berada di jurusan yang salah.

Do you felt you chose wrong major? Should you get out or stay ? Will you be successful? Well, I recommend you to read a book Unstoppable Hopes by Morgen Gloria. Maybe her book can answer your problems. This book cotains tips to be successful when you think you had chose wrong major.

Unstoppable hopes  dibuka dengan pengantar dari Rene (career coach) dan refleksi sang penulis, gloria yang merasa salah jurusan dan kemudian membawanya pada dua pertanyaan besar: Apa yang membedakan saya dengan orang lain? Mengapa seseorang harus membayar mahal untuk mendapatkan saya?

Unstoppable Hopes opened with an introduction from Rene (career coach) and the reflections of the author, who felt she had chosen the wrong major and then two questions popped in her head: What distinguishes me with someone else? Why does someone have to pay huge sum of money to get me?

Pertanyaan yang diajukan bagus sekali. Aku sendiri tidak pernah menanyakan hal tersebut kepada diriku sendiri. Hehehe

Great Questions!. I had never asked those questions to myself. Hehehe

Aku suka kerangka berpikir Gloria dan outline buku ini. Aku dapat merasakan bahwa Gloria sebenarnya ingin mengambil rute yang mudah (shortcut), namun dia berani bertanya dan mengkonfirmasi dengan bertanya pada orang-orang sekitar dan para ahli/pakar apakah cara tersebut memang cara yang tepat untuk diambil. Membuat buku ini mudah dipahami dan membuatku ingin terus membaca dan membalikkan halaman. Buku ini berhasil aku selesaikan dalam satu kali duduk

I like Gloria’s framework and how she arranged outline of the book. I guess Gloria actually want to take the easy route (shortcut), but she dared to confirm her belief by asking people and experts whether her route/steps/choice is indeed the right way to be taken. This book is easy to understand and makes me want to keep reading and turn page. I managed to finish it in one sitting

Bukunya bagus dan bermanfaat, tidak hanya bagi yang salah jurusan tapi bagi para mahasiswa dan fresh graduates. Ada topik dan tips yang menurutku cukup universal, seperti tips komunikasi yang baik, menemukan visi dan langkah berpikir sistematis. Bagiku tips-tips tersebut tidak hanya berguna bagi yang merasa salah jurusan tapi juga bagi yang ingin sukses di dunia kuliah dan pekerjaan saat entry level.

Her book is good and useful, not only for the one who chose wrong major but also for the students and fresh graduates. There are topics and tips that I think are quite universal, such as  communication tips, how to find the vision and systematic thinking step. 

Selain tips, buku ini juga berisi wawancara dengan tokoh-tokoh sukses. Salah satu wawancara favoritku adalah wawancara Gloria dengan Gunawan Santoso, IBM.  Aku suka sekali jawaban Pak Gunawan ketika ditanya soal mengapa beliau memilih pekerja kantoran dan bukan entrepeneur karena selama ini kita beranggapan menjadi pekerja kantoran tidak sama dengan membangun mimpi sendiri.

In addition to tips, the book also contains interviews with successful figures. One of my favorite interview is an interview between Gloria and Gunawan Santoso, IBM CEO. I love Mr. Gunawan answer when he is being asked about why he chose being office workers instead entrepreneur because there is assumption that being office worker is not the same as building his own dreams.

Saya bukan memilih kerja kantoran dibandingkan freelancer or entrepreneur. Sejauh yang saya lihat, pekerjaan dan perusahaan di tempat saya bekerja memberikan kesempatan untuk belajar dan terus berkembang sesuai dengan rencana saya. Jika saya dahulu sudah ada mentor untuk bisnis dan punya network yang sudah siap, mungkin sudah terjun ke dunia entrepreneur.

Selama bekerja bukan hanya untuk digaji, seharusnya bekerja juga bisa untuk membangun mimpi sendiri. Saat ini, saya dapat belajar mengenai bisnis, leadership, membangun network,, dll. Dimana ini semua berjalan sejalan dengan mimpi saya sendiri.

I do not prefer office jobs compared freelancer or entrepreneur. As far as I can see, the job and the company where I work provide opportunities for learning and growing according to my plan. If I have business mentor and network that is ready at earlier stage, maybe I have plunged into the world of the entrepreneur.

As long as we did not work only for the salary, I believe working as office workers should also be able to build their own dream. Nowadays, I can learn about business, leadership, building a network ,, etc. Where it all goes in line with my own dreams.

Aku belajar banyak dari buku ini. Terima kasih banyak Gloria Morgen telah menulis buku yang menginspirasi dan telah mengirimkan buku ini kepadaku untuk direview. 4 bintang untuk Unstoppable Hopes! 😀

I learned a lot from this book. Thank you so much Gloria Morgen for wrote an inspriring book and send me review copy. 4 stars for Unstoppable Hopes! 😀

 

8 thoughts on “Unstoppable Hopes by Gloria Morgen

  1. aku jadi pengen baca deh naaa..kayaknya kebingungan masalah passion dan karir bukan hanya pas salah jurusan tapi pas fresh graduate masuk ke dunia awal pekerjaan. Bahkan aku yang smpt kerja aja dulu mash bingung2 mau kemana..kayaknya smua org juga gitu sih blum tau2 bgt arah pasti di depannya, ntar ke toko buku nyari ini ahhh hehhehe

    Liked by 2 people

Leave a comment