Easy Steps to Write a Bilingual Book Review (Indonesia & English) / Cara Mudah Menulis Ulasan Buku Secara Bilingual (Bahasa Indonesia & Inggris)

bilingual book review

Hello, What’s up Guys?!

Hallo, apa kabar?

tenor

Sepertinya sudah lama sekali saya memposting postingan di blog ini. Saya kangen kalian dan juga blog ini. Saya harap kalian baik-baik saja.
It has been a long time since my last post. I miss you and this blog. I hope all of you have been doing well these past months.

Hari ini saya akan berbagi bagaimana saya membuat ulasan dua bahasa (bahasa inggris dan bahasa Indonesia). Beberapa pembaca blog saya yang berasal dari Indonesia mengira kemampuan menulis bahasa Inggris saya sangat bagus karena saya menulis review buku dalam dua bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Nah, sebenarnya hal tsb tidak benar.
Sekarang Anda mungkin bertanya “Jika saya tidak pandai menulis bahasa Inggris, bagaimana saya bisa menulis review dalam dua bahasa?”

Today I am going to share how I make a bilingual review. Some of my Indonesian followers thought my English writing skill is really good since I wrote in English and Bahasa. Well, the truth is not really.
Now you must be asked “If I am not good at writing English, how I am able to do it?”

tenor1

Sepertinya ini hari keberuntunganmu karena hari ini saya akan membagikan rahasia saya dan apa yang saya lakukan sangat mudah. Saya pikir kalian juga bisa melakukannya.

Well, today must be your lucky day since I will share you my secret how I make a bilingual book review and it is really easy. I think you guys can do it as well.

are you ready


Berikut caranya/Here they are:

  1. Tulis ulasan/review buku dalam bahasa Indonesia
    Write/type your book review in Bahasa.
    (For how to make book review, I recommended you to check How I Write My Book Reviews by Bookie-Looker and CARA MENULIS REVIEW ATAU RESENSI BUKU | HOW TO )
  2. Buka/Open google translate
    google translate
  3. Salin semua review anda dan paste di google translate / Copy all of your review and paste them on google translate
  4. Pilihtranslatedari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris/ Choose translate from Bahasa to English
  5. Salin semua hasilnya/ Copy all the result
  6. Baca hasil google translate karena hasilnya sering tidak bagus / aneh kemudian perbaiki sendiri/ Read the google translate result since the result often not good/weird then you fix the mistake by your own
  7. Langkah selanjutnya adalah buka website grammar cek secara online. Saya merekomendasikan http://www.reverso.net/spell-checker/english-spelling-grammar/ untuk memeriksa grammar karena gratis dan mudah digunakan. Sayangnya, mereka memiliki kerbatasan karakter yang diperbolehkan (sebanyak 600 karakter) jadi lebih baik membagi ulasan Anda per paragraf saat Anda mengecek
    The next step is open grammar check online website. I recommended http://www.reverso.net/spell-checker/english-spelling-grammar/ to check your grammar since they are free and easy to use. Unfortunately, they have limited characters that allowed (600 characters) so it is better to be divide/chunk your review per paragraph when you check to avoid your review was partially checked.
    reverso grammar check
  8. Anda bisa menyalin atau mengedit review anda berdasarkan hasil grammar check online. Setelah itu, selesai! Anda sekarang memiliki ulasan buku bilingual.
    You can copy paste or edit your review based on the grammar check online result. After that, you are done! You now have a bilingual book review.fuller-house-netflixSekarang pergilah dan tuliskan review buku secara bilingual !! Karena ulasan anda layak didengar oleh lebih banyak orang.
    THERE. Now go forth and write a bilingual book review!! Because your review needs to be heard by many people.

    tenor2

14 thoughts on “Easy Steps to Write a Bilingual Book Review (Indonesia & English) / Cara Mudah Menulis Ulasan Buku Secara Bilingual (Bahasa Indonesia & Inggris)

  1. Bener mba, sy juga melakukan cara ini untuk abstrak saya, dan abstrak teman2 yg mnt tlg ke saya.
    Banyak membantu, namun utk melatih bhs inggris sendiri sya maksain diri nulis blog with English from scratch once in a week.
    Keep up d book reviews dan tips2nya mb.

    Liked by 1 person

    • ya bisa buat abstrak juga 😀 ya hana juga memaksakan menulis dan kebanyakan temen2 blogger hana yg dari luar negeri pada pengertian, tidak mempermasalahkan jika ada kesalahan, jadi lebih berani lagi buat nulis 😀

      Liked by 1 person

Leave a comment