Blue Spring Ride 01 by Io Sakisaka

30408728

Judul: Blue Spring Ride vol 1 / Ao Haru Ride Vol 1

Mangaka:  Io Sakisaka

Alih bahasa: Andihy Crista

Editor: Vina Marlia

Artistik: Ikmal Aldwinsyah

Penerbit: m&c!

Cetakan: Pertama, 2016

ISBN: 9786023398379

Sinopsis:

Futaba yang kini kelas 1 SMA tidak pernah melupakan cinta pertamanya saat SMP, Tanaka. Waktu SMP dulu, Futaba menjalani hari-hari sekolahnya tanpa teman. Hingga akhirnya Futaba bertemu kembali dengan cowok yang mengingatkannya pada “Tanaka”.

Lalu bagaimana kehidupan SMA Futaba yang biru dan hangat ini?

wp-1475313218336.png

Review:

*spoiler alert*

Aku merasa penyesalan menjadi tema dalam Blue Spring Ride atau Ao haru Ride vol 1. Dan aku suka bagaimana Io Sakisaka Sensei menggunakan emosi ini untuk menggerakan cerita. Kita pernah menyesal akan sesuatu bukan dan berharap hal tersebut tidak terulang lagi. Berharap lain kali, kita mendapat kesempatan untuk melakukan hal yang berbeda dan mendapat hasil yang lebih sesuai keinginan kita.

Hal itu dialami juga dengan tokoh utama kita, Futaba. Futaba pernah jatuh cinta dengan Tanaka saat kelas 1 SMP.  Tapi Tanaka sudah pindah sekolah sebelum Futaba menyatakan perasaannya.

“Lain kali, kapan? Padahal aku sangat ingin bertemu dengannya. Apa aku ngga bisa bertemu dengannya lagi. Huuu.. Aku suka Tanaka. Ini seperti perasaan cinta ngga kentara. Tapi aku menyukainya. Tapi belum ada yang mulai. Tanaka, bagaimana ekspresi  wajahmu saat ini?”

Cinta yang tidak kesampaian itu menyedihkan, apalagi jika kamu berpikir sebenarnya kamu punya kesempatan namun tidak memanfaatkan kesempatan tsb dengan baik.

Aku juga bagaimana Futaba berefleksi. Dia mengevaluasi apa yang salah dan memperbaiki diri. Saat SMP, Futaba sempat dijauhi oleh teman-teman perempuannya karena dianggap manis oleh anak laki-laki sehingga saat masuk SMA, Futaba merubah citra dirinya. Dia memilih menjadi cewek dengan gaya tomboi dan kasar agar memiliki teman perempuan.

I feel related so much in Futaba soalnya aku juga berusaha berubah waktu SMA demi dapat teman. Hahahaha

Dan aku suka bagaimana Io Sakisaka sensei mempertemukan kembali Futaba dengan Tanaka.

“Dulu aku suka kamu.”

“Kamu mendadak hilang kemudian muncul lagi. Banyak hal yang ingin kutanyakan! Isi kepalaku kacau, banyak yang tidak kumengerti.”

Membuatku bertanya-tanya jika aku bertemu kembali dengan seseorang yang pernah aku sukai, kira-kira apa yang akan aku lakukan? Apa yang akan aku katakan?

Ceritanya terasa fresh dan ketika membaca muncul perasaaan: “I should collect this comic!”

5 bintang untuk Blue Spring Ride 1! Recommended untuk penggemar shoujo manga! 😀

rookie

 

15 thoughts on “Blue Spring Ride 01 by Io Sakisaka

  1. Jaman SMP kok dah cinta2an hahahahah… Komik jepang sekarang isinya macem2 banget, buat penggemar komik banyak alternatif bacaan sekarang. Dulu mah aku andalannya asterix, tintin & sejenisnya doang 😀

    Like

  2. Aku sampai sekarang lebih suka sendiri dari pada berteman dengan org yg ribet. HAhaha. Tapi alhamdulillah orang2 yg kukenal baek2 jadi aku punya banyak teman dan bahkan susah punya waktu sendiri. Btw aku nonton ova nya sebelum baca manganya. dan aku kayaknya agak kurang suka sama pemeran utama wanitanya, kayak aktingnya kurang pas apa gmn, hahaha. Tapi meski begitu aku juga dapet banget feelnya tentang gimana suka banget sama Tanaka. Adegan minjemin jaket buat ngelindungin dari hujan is so sweet 😀

    Like

  3. kayaknya karya sakisaka lo-sensei ini ceritanya pure semua, meskipun ceritanya tentang cinta2an tpi lebih mencolok ke persahabatannya, contohnya ao haru ride sama omoi, omoware, furi, furare.

    Like

Leave a Reply

