To All The Boys I’ve Loved Before by Jenny Han (TATBILB #1)

to-all-the-boys-ive-loved-before

Judul: To All the Boys I’ve Loved Before
Penulis: Jenny Han
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: Selsa Chintya
Ilustrasi Isi: @teguhra
Jumlah halaman: 382
Penerbit: Spring
Cetakan: Pertama, April 2015
ISBN : 978-602-715-051-5

Sinopsis

Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.

Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang dia tulis. Satu untuk setiap cowok yang pernah ia sukai,total lima orang. Saat dia menulis, ia menumpahkan semua perasaannya, bahkan hal-hal yang tidak bisa dia katakan di kehidupan nyata. Surat itu hanya untuk dirinya sendiri.

Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu benar-benar dikirimkan!
Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean berubah dari biasa-biasa saja menjadi tak terkendali, melibatkan teman masa kecil sekaligus cinta pertamanya,  dan cowok terkeren di sekolah.

Review:
To All the Boys I’ve Loved Before adalah buku yang memperkenalkanku dengan Jenny Han dan Penerbit Spring! Melalui To All the Boys I’ve Loved Before yang versi terjemahan, aku jatuh cinta dengan  kualitas terjemahan Penerbit Spring! 😀

http-%2f%2fmashable-com2valentine-charlie-brown

Sejujurnya, aku sudah membaca To All the Boys I’ve Loved Before yang versi bahasa Inggris di tahun 2014 dan berjanji pada temanku bahwa jika terbit versi Indonesianya, aku akan membelinya.  Begitu mengetahui versi terjemahannya sudah terbit, Aku tidak berpikir dua kali, langsung pesan saat itu juga!

Meski sudah membaca versi yang bahasa Inggris, aku tidak merasa bosan ketika membaca ulang. Selain itu, aku suka dengan catatan kaki yang diberikan oleh penerbit Spring. Catatan kaki yang diberikan membantuku memahami konteks cerita dengan lebih baik.

O ia,  aku benar-benar bersyukur Penerbit Spring memakai cover yang sama dengan edisi aslinya. Covernya cute banget :3

i-love-it

 

To All the Boys I’ve Loved Before adalah buku yang berhasil memenuhi ekspektasiku di saat aku memiliki ekspektasi besar terhadap buku ini!  Setelah melihat judul, cover dan sinopsisnya, I just had a hunch that I will love this book. Dan ternyata benar! Ketika membuka halaman dan mulai membaca,  To All the Boys I’ve Loved Before berhasil menghibur dan tidak mengecewakanku! Buku yang berhasil memenuhi ekspektasi besarku bisa dibilang jarang lho! Dan tidak membosankan ketika dibaca ulang!  😀

I am introvert reader and everytime I read,  I am always looking for something that can made me identify myself with the characters in the story. Dan ketika membaca buku ini, aku bisa dengan mudah memahami dan mengidentifikasikan diri  Lara Jean, tokoh utama dalam “To All the Boys I’ve Loved Before”. Lara Jean,  menulis surat untuk lelaki yang dia sukai.  Well,  aku juga pernah menulis surat untuk lelaki yang kusukai! 😀

Kisahku dan Lara Jean tentu saja tidak sama persis.  Kami memiliki perbedaan mengenai tindakan setelah surat tsb ditulis. Lara Jean menyimpan surat-surat tersebut dan tidak mengirimkannya, sementara kalau aku , ada beberapa surat yang kukirim dan ada surat yang tetap kusimpan.:)

Alasan lain yang membuatku menyukai To All the Boys I’ve Loved Before adalah TATBILB memiliki salah satu trope favoritku: Pretend lovers/Fake Couple! ❤ Oh I love this trope so much!

love-stare

Jenny Han berhasil membuatku jatuh cinta dengan Peter, tokoh yang berpura-pura pacaran dengan Lara Jean! ❤ Aku selalu suka lelaki yang supel dan lucu dan menemukan kedua sifat tersebut dalam Peter! 😀

O ia, selama membaca buku ini, entah mengapa aku sadar bahwa Peter menyukai Lara Jean tapi Lara Jeannya malah tidak menyadari hal tersebut. Mungkin karena Lara Jean tidak percaya diri dan takut untuk membuat komitmen dalam hubungan. Jadi gemes sendiri pas baca. o(>_<)o

Hal yang aku sukai dari hubungan Lara Jean dan Peter adalah keakraban Lara Jean dengan Peter mudah terjalin. Mereka jujur dan terbuka terhadap satu sama lain (mereka tidak berusaha mengesankan pasangan agar pasangan menyukai mereka ataupun berusaha membuat orang lain berpikir bahwa mereka keren)

🙂

Pelajaran yang aku dapatkan setelah membaca To All the Boys I’ve Loved Before adalah

  •  agar percaya diri
  • jujur terhadap yang dirasakan dalam hubungan
  • ketika kita balas menyakiti orang yang kita sayangi karena mereka telah menyakiti kita terlebih dahulu sebenarnya kita hanya melukai diri kita lebih dalam.

Ah!  Aku benar-benar menyukai buku ini! 💕💕

Jika mencari bacaan yang manis dan ringan, Aku merekomendasikan To All the Boys I’ve Loved Before! 👍 Aku juga merekomendasikan TATBILB bagi para penggemar novel romance dengan latar SMA dan fake couple trope!   Dan juga bagi para hopeless romantic! 😀

4.5 bintang dariku! 

Nah, Goodreaders, apakah kalian sudah membaca TATBILB? Jika sudah, apa yang kalian sukai dari novel Ini?  😀 .Jika belum, apakah buku ini sudah masuk TBR kalian? Kapan kalian berencana membacanya?   🙂

Review ini diikutsertakan dalam BloggerWanted #Spring2you

spring-2-tahun

Advertisements

10 thoughts on “To All The Boys I’ve Loved Before by Jenny Han (TATBILB #1)

  1. Hanaaaa reviewnya bagus banget. Sayang bgt waktu itu sempet baca dan nggak berhasil sampai selesai. Padahal penasaran sama tokoh Peter. Semoga bisa selesain buku ini dalam waktu dekat 😀

    Like

  2. Hanaa trope itu apa? Aku bingung hehehe. Btw kayaknya ini seru bgt yak novelnya~

    Hana aku salah fokus deh. Kok gemay amat di postingannya ada emoticonnya.

    Btw aku juga pernah bikin surat cinta wkwkwkwk

    Liked by 1 person

    • Trope itu overused plot device leading to cliched/predictable story line (plot yang sering digunakan sehingga kita sebagai pembaca bisa nebak)..
      Wah ifa juga pernah bikin surat cinta? *Tos*
      Ya novelnya seru banget! Ayo baca Fa 🙂

      Like

    • I am so glad to find out that you love it too! *high five* I can’t wait for always and forever,Lara Jean either.. But we still have to wait until next year.. Btw, The cover is really gorgeous 😍😍 I have eyegasm over the cover..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s