Refleksi Mengikuti Key Reading: Rahasia Membaca Buku Setiap Hari

refleksi mengikuti key reading

Pada tanggal 9 Juli 2016 lalu, Salah seorang seniorku, Kak Dian membuat status facebook seperti ini:

KEY READING

Kamu pernah ga sih ngerasain kalau baca buku namatinnya pasti lama banget. Saya juga merasakan hal yang sama, biasanya sebulan cuma sanggup menamatkan satu buku. Jangan samakan dengan standar bacanya para magister atau doktoral ya, pasti dalam seminggu bisa menamatkan 20 buku, sudah jauh itu levelnya.

Alhamdulillah sudah hampir satu bulan ini saya bergabung dengan group #KeyReading bareng Muhammad Iqbal Pirzada. Di group itu saya dipertemukan dengan teman-teman yang punya niatan yang sama untuk membiasakan diri membaca buku tiap hari. Target membaca buku di group ini minimal 10 halaman per hari, tapi umumnya anggota membaca lebih dari itu. Saya sendiri punya targetan sehari minimal membaca 50 halaman buku. Alhamdulillah saya sudah merasakan hasilnya, sebulan yang awalnya hanya bisa menamatkan satu buku, sekarang sudah bisa 4-5 buku.

Group #KeyReading juga cukup membantu saya dalam mempelajari Islam. Sekarang ini saya sedang kembali membaca buku keislaman yang paling dasar sekali seperti kitab sirah nabawiyah, kitab tauhid, kitab fiqih, dan kitab hadis. Saya telah memiliki jenis buku tersebut sejak mahasiswa baru, namun sejujurnya saya belum pernah menamatkannya. Untuk itu selama dua bulan kedepan saya ingin komitmen menamatkan semuanya agar world view keislaman saya semakin mantap maka barulah setelah itu saya membaca buku umum.

#KeyReading dalam seminggu ini telah membantu saya menamatkan buku sirah nabawiyah dengan metode β€œbaca serius”. Yakni membaca dengan memperhatikan setiap isi yang dibahas, jika ada hal penting maka tidak lupa saya catat di buku catatan. Awalnya saya pesimis untuk menamatkan karena bukunya cukup berat bahasanya dan tebal sekali, tapi alhamdulillah saya bisa menyelesaikannya.

Selama di #KeyReading saya belajar bahwa tidak mudah loh untuk membiasakan membaca buku, tanpa putus, membaca tiap hari dengan buku-buku berat (text book) terlebih dengan padatnya aktivitas kerja yang juga memiliki banyak deadline. Tapi kenapa bisa sampai mempunyai peningkatan jumlah buku yang dibaca?

Jawabannya, karena di #KeyReading kita akan melihat setoran bacaan teman-teman kita dengan judul buku yang keren-keren, hal itu secara ga langsung akan membuat kita termotivasi untuk segera menamatkan buku yang sedang dibaca saat ini agar bisa beralih ke buku yang lebih keren.

Nah, buat kamu yang mau ningkatin semangat baca bisa banget gabung di #KeyReading. Saya selalu percaya bahwa untuk menjadi individu yang baik, dengan output yang baik bagi masyarakat, kita harus berteman dengan teman-teman yang baik dan positif

Saat membaca status Kak Dian jadi tertarik bergabung dengan Group #KeyReading juga Sejujurnya meski Hana sudah membaca 100 buku setiap tahun tapi selama ini Hana baca saat weekend, tidak setiap hari. Kalau pun setiap hari itu saat liburan. Selain itu, siapa tahu dapet kenalan bookworm baru πŸ˜€

Akhirnya Hana pun memberanikan diri mendaftar Group #KeyReading pada tanggal 15 Juli dan tanggal 18 Juli Hana resmi jadi anggota Group #KeyReading 3.

key reading

Ternyata #KeyReading mirip ODOJ (One Day One Juz). Setiap hari weekday (Senin-Jumat) anggotanya harus baca minimal 10 halaman sehari dan melaporkan progress bacaan. Untuk weekend, membaca diliburkan atau bisa digunakan untuk mengejar/membayar hutang bacaan jika kuota weekday tidak tercapai.

Awal baca peraturannya dan tahu hanya 10 lembar sehari/50 lembar seminggu sempat terpikir untuk menimbun jumlah halaman menjadi hutang dan membaca di weekend saja. Toh biasanya aku membaca 2-3 buku saat weekend dan itu berarti lebih dari 50 halaman.

tangled-rapunzel20singing-reading-books-animated-gif

Akan tetapi jika begitu caranya, buat apa aku ikut daftar group #KeyReading ?  Jika aku melakukan hal tsb, sama saja aku sama sekali tidak berkembang dan tidak menantang diriku sendiri untuk keluar dari zona nyaman.

.

it-begins

Jadi dimulailah tantangan membaca 10 halaman perhari

dvd-player005

Ternyata membaca 10 halaman perhari gampang-gampang susah. Aku sudah terbiasanya membaca satu buku dalam satu/dua kali duduk (lahap/waktu). Dan sekarang aku harus berhenti membaca di 10 halaman pertama. Sering kali jadi lebih dari 10 halaman. Ada beberapa waktu dimana aku berhasil menghabiskan satu buku di pagi hari. Pantas saja Cait @paperfury bilang kalau dia menghabiskan buku sebelum sarapan. Aku mengalaminya sendiri saat mengkuti Key Reading.

tumblr_o1b9eydzae1udh5n8o1_500

Kadang juga yang terjadi malah sebaliknya, bukunya kurang seru sehingga membaca sebentar saja kukira sudah 10 halaman namun ternyata belum 10 halaman juga.

giphy1

Sumpah aku jadi kagum sama anggota group Key Reading yang bisa istiqomah/konsisten membaca 10 halaman sehari. Mereka mengajarkanku bahwa tidak ada hal kecil yang baik yang sia-sia. Pantas saja Allah suka amalan kecil yang konsisten.

giphy2

Untuk bahan bacaan sendiri,  di Key Reading, komik tidak dihitung sehingga aku mencari alternatif bahan bacaan menggunakan ijakarta . Kupikir akan berjalan lancar, sayangnya ternyata masalah tetap ada, Juli kemarin Ijakarta entah kenapa sering eror  jadi aku harus mencari pinjaman buku cetak deh ke teman.

 

tumblr_n4ft8bjxhu1rk1xj5o1_500
Alone in Croweded Place by Bruce Wishart

Key Reading berhasil mengubahku menjadi seseorang yang membaca tiap hari. Meski tidak diminta (diwajibkan) membaca saat weekend namun karena aku terlanjur sudah memiliki kebiasaan membaca tiap weekend, aku akhirnya tetap membaca saat weekend tiba. Sekarang dapat dikatakan aku membaca buku tiap hari. πŸ˜„ Lol

 

Alhamdulillah πŸ˜€ Selama mengikuti Key Reading dari tanggal 18 Juli hingga 1 September ini (46 hari), aku berhasil menyelesaikan membaca 19 buku.:D Kalau tertarik memiliki kebiasaan membaca tiap hari, bisa ikutan Group #KeyReading ya πŸ˜€

Tapi aku belum tahu kapan pendaftaran Group #KeyReading dibuka lagi. Hehe

Pantau https://knowledgeeveryday.com/reading untuk info lebih lanjut πŸ˜€

 

14 thoughts on “Refleksi Mengikuti Key Reading: Rahasia Membaca Buku Setiap Hari

  1. aku udah lama ngga baca-baca buku, apalagi baca-baca buku berat kemaren sempet beli novel tapi nggak aku baca, kaena dikantor seharian didepan komputer sih jadi males mau baca yang berat2 -_-
    lebih suka ke komik malah sekarang :3

    bagus sih mbak ikutan keyreading, tapi aku kayaknya ngga sanggup πŸ˜„

    Like

Leave a Reply

