Refleksi Goodreads Reading Challenge 2016: Bagaimana Membaca 100 Buku dalam 7 Bulan

100 buku dalam 7 bulan

Tahun 2016 adalah tahun yang menakjubkan!Β πŸ˜€

Aku berhasil membaca 100 buku dalam 7 bulan! Hore! Alhamdulillah

good reads reading challenge 2016

Psst, Dari 106 buku yang kubaca itu 38nya berupaΒ komik!

Tapi tetap saja aku merasa senang dan tidak menyangka πŸ˜€

Beberapa tahun lalu biasanya aku baruΒ mencapai buku ke-100 di bulan Oktober,November, atau malah Desember.

Baca juga Tips membaca 100 buku dalam setahun

Apa rahasia membaca 100 buku dalam 7 bulan?

Dapatkan lebih banyak buku untuk dibaca!

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan lebih banyak buku untuk dibaca sehingga bisa membaca 100 buku dalam 7 bulan:

  1. Menggunakan aplikasiΒ iJakarta

    ijakartaregist

Dalam waktu 1 bulan pertama penggunaan iJakartaΒ (3 April-1 Mei 2016), aku bisa membaca 11 novel dari iJakarta tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

iJakarta membuatku menyadari penting kemudahan dan ketersediaan akses buku bacaan agar dapat membaca buku lebih banyak.

Ternyata selama ini kelambatanku membaca (8-9 buku/bulan) disebabkan keterbatasan anggaran untuk membeli buku. Budget tiap bulan untuk membeli buku adalah 100-300rb. Dan sering kali itu berarti dalam satu bulan, aku hanya membeli 1-3 novel dan beberapa komik.

Jadi mikir, apa jangan-jangan teman-temanku yang jarang baca itu bukan karena ngga suka baca tapi karena ngga punya uang buat beli buku? Hm… :/

O ia, hal yang aku sukai dariΒ iJakartaΒ adalah aku bisa membaca dimanapun dan kapapun. Selain itu,Β iJakartaΒ berhasil mengubah kebiasaanku saat bosan. Biasanya ketika bosan, aku membuka akun sosial media di HP. Namun kali ini, alih-alih membuka akun social media di HP, aku mendapati diriku membuka iJakartaΒ dan menghabiskan waktu membaca.

Semenjak itu, aku sering merekomendasikanΒ iJakartaΒ agar didownload oleh teman-temanku. πŸ˜€

2. Mengikuti giveaway buku

Tahun 2015 lalu, aku baru tahuΒ bahwa penerbit, toko buku online dan blogger buku mengadakan giveaway (bagi-bagi buku gratis).Β Di tahun 2016 ini tentu saja aku tidak melewatkan kesempatan mengikuti giveaway (aku tidak selalu menang sih, tapi tidak selalu gagal juga πŸ˜€ )

book giveaway

Aku berhasil mendapat 8 buku dari giveaway πŸ˜€ Yeah! Alhamdulillah! πŸ˜€
Sebagai bentuk syukur mendapatkan buku gratis, aku jadi terdorong untuk membaca. Selain itu, keinginan membaca buku muncul sebagai apresiasi dari penyelenggara giveaway karena telah memilihku sebagai yang beruntung mendapatkan buku.

3. Menjadi Blogger Buku

si hana

Salah satu hal yang kukira berperan membuatku membaca lebih banyak buku adalah identitas baruku: blogger buku.

Salah satu berkah menjadi blogger buku adalah mendapat buku gratis dari penerbit. Alhamdulillah tahun 2016, ini penerbit Spring mempercayaiku sebagai reviewer dan host giveaway sehinga aku mendapat 3 buku gratis (2 buku karena menjadi host giveaway, dan 1 buku untuk ditukar dengan honest review) πŸ™‚

Kalau sudah dipercaya penerbit untuk mereview, tidak mungkin kan bukunya tidak dibaca? πŸ™‚

4. Mencari pinjaman buku dari teman

phoodar chu
Image courtesy of phoodar chu at unsplash.com

Aku mulai memberanikan diri mencari teman yang suka membaca dan bertanya pada mereka, apakah aku boleh meminjam buku yang mereka miliki.

Kalau pinjam buku dari teman kan tidak enak kalau lama-lama, sehingga aku terdorong untuk menyelesaikan mbaca buku pinjaman tersebut.

 

5. Meminta buku sebagai hadiah ulang tahun

book-fair-678256_640 gift

Kalau orang-orang terdekat bertanya mau apa buat hadiah ulang tahun, aku menjawab dengan daftar wish list buku yang kumiliki. Atau aku kasih daftar wish list buku sebulan sebelum ulang tahunku πŸ˜€

Nah kalau udah dapet kado buku kan sayang kalau ngga dibaca. Bahkan mungkin Sang pemberi kado juga bertanya bagaimana progress bacaan, komentar dan review mengenai buku yang telah dia berikan.

 

6. Konsisten membeli buku dalam sebulan

icon-1415760_640

 

Aku menyisihkan uang 100-300rb untuk membeli buku tiap bulannya.Lama-lama membeli buku menjadi kebutuhan sendiri.

 

7. BacaΒ buku

3

Bukunya sudah ada, tentu saja tidak kubiarkan menganggur. Kubaca terus tahu-tahu sudah 100 buku dalam 7 bulan πŸ˜€ Alhamdulillah πŸ˜€

 

Sekian rahasiaku membaca 100 buku dalam 7 bulan πŸ˜€

Semoga membantu πŸ™‚

Btw, bagaimana progress goodreads reading challengemu? Sudah membaca berapa buku? πŸ˜€

19 thoughts on “Refleksi Goodreads Reading Challenge 2016: Bagaimana Membaca 100 Buku dalam 7 Bulan

  1. Wah…
    Keren juga udah lebih 100 buku dalam waktu 6 bulan.
    Tahun ini aku menargerkan 75 buku setelah direvisi dari 50 buku.
    Niatnya sih sekitar 50an buku dan sisanya komik.
    Sampai bulan ini baru realisasi 49 buku. Hehehe..

    Aplikasi iJakarta? Wah, baru tau 😁

    Like

  2. Saya senang membaca buku. Sayang tidak bisa membagi waktu dengan baik. Jadi tidak ada alokasi waktu untuk membaca. Biasanya hanya membaca buku sebagian bab yang saya perlukan saja. Kalau tertarik pada satu buku dan ingin menyelesaikannya saya letakkan di kamar mandi. Setiap menunaikan kebutuhan badan, saya duduk sambil membaca buku daripada bengong.

    Like

  3. Ih hanaaaaa… aku envy banget, seumur-umur aku belum pernah baca 100 buku dalam setahun, apalagi dalam 7 bulan. COOL!! Semoga sisa tahun ini dan tahun selanjutnya lebih banyak lagi buku yang dibaca. πŸ™‚

    Liked by 1 person

  4. Luar biasa mba, saya kagum dan acungkan 2 jempol untuk kegigihannya. Saya juga suka baca buka, tapi memang benar kendalanya kadang kalo budget buat beli buku minim. Sementara kalo mau pinjam di perpus misalnya, ada batasan waktunya. Sementara itu, saya sendiri sebagai mahasiswa HI banyak sekali reading materials yg jd tanggungan. Jadi kadang untuk baca2 yg lain hrs sisihkan waktu ekstra 😦

    Like

Leave a Reply

