Kisah Klan Otori: Across the Nightingale Floor by Lian Hearn

acrossthenightingalefloorJudul: Kisah Klan Otori: Across the Nightingale Floor
Penulis: Lian Hearn
Penerjemah: Meithya Rose Prasetya
Penyunting: Miq Acango
Desain isi: Cadera Studio
Jumlah halaman: 400
Cetakan: VII, Februari 2007
Penerbit: Matahati
ISBN: 9799840716
Bookmail dari: Mba Indah

Sinopsis:

Di kastilnya di Inuyama, Lord lida Sadamu — pemimpin klan Tohan yang kejam — memandangi nightingale floor miliknya yang megah. Tak seorang pun mampu melintas di atasnya tanpa membuat lantai itu bernyanyi.
Namun ada seorang anak muda yang memiliki kemampuan luar biasa: pendengaran yang sangat tajam, mampu berada di dua tempat sekaligus, serta mampu menghilang. Ia berhasil melintasi lantai itu tanpa berbunyi, bukan hanya untuk membalas dendam atas kematian keluarganya, tetapi juga untuk menyelamatkan gadis yang ia cintai.
Sebuah kisah di jaman feodal Jepang tentang peperangan antar klan, pengkhianatan, pembalasan dendam, kesetiaan, dan juga kehormatan dengan latar belakang cinta.

Buku pertama dari trilogi yang sangat fenomenal ini telah diterjemahkan ke dalam 26 bahasa dan memperoleh 11 penghargaan dari berbagai negara.

Review:

And sometimes Allah answers the prayers you never even made
because He knew what you needed when you didn’t even know.

Pernah mendapatkan yang kau inginkan padahal kau belum berdoa meminta kepada Allah? Itu yang kualami dengan buku Kisah Klan Otori: Across the Nightingale Floor. Kisah Klan Otori sudah masuk daftar wish listku semenjak aku duduk di bangku SMA. Tapi saat SMA, aku kesulitan mengumpulkan uang untuk membeli buku. Tiap memiliki uang berlebih, aku malah sering menggunakannya untuk membeli pulsa. Hehehe..

Saat aku memiliki uang dan ingat mengenai buku klan Otori ini, aku sudah kesulitan mencarinya. Dan tak disangka-sangka beberapa waktu lalu aku memenangkan 5 buku klan otori Lian Hearn dari Fox’s Library Weeding Programmed nya Mba Indah 😀 Padahal aku belum sempat berdoa meminta buku ini. Tapi Allah tahu dan mengabulkan keinginan yang bahkan belum kuucapkan :’)

dsc_0022

Alhamdulillah *Sujud syukur*

Makasih banyak ya Allah! Makasih banyak Mba Indah 😀

Di awal halaman buku ini ada peta dan beserta simbol dan nama klan. Awalnya aku sempat khawatir akan kesulitan mengingat nama-nama dan memahami klan-klan yang ada di buku ini. Namun ternyata tidak 😀

Lian Hearn menguak sedikit demi sedikit dan melakukan pengulangan dengan baik sehingga aku tidak kesulitan untuk menghapal nama tokoh dan nama klan.

Kisah Klan Otori: Across the Nightingale Floor menceritakan tentang Tomasu yang berasal dari Klan Hidden. Suatu hari ketika selesai bermain dari hutan, dia menemukan penduduk di desanya dibantai oleh Klan Tohan. Tomasu pun berusaha melarikan diri dan berhasil ditolong oleh Shigeru, pemimpin klan Otori. Shigeru kemudian mengangkat Tomasu sebagai anaknya dan mengganti namanya menjadi Takeo. Adik Shigeru, Takeshi dibunuh oleh Klan Tohan. Shigeru dan Takeo pun merencanakan balas dendam kepada Iida Sadamu, pemimpin klan Tohan. Berhasil kah rencana balas dendam mereka?

Ceritanya sendiri seru dan premisenya menarik 😀 Narasi dan deskripsi Lian Hearn yang baik membuat aku menikmati membaca buku ini.

Namun kenikmatan membaca buku ini berkurang karena aku telah membaca beberapa review negatif di goodreads dan review-review tersebut berisi spoiler sebagian besar cerita. Selain itu, karena aku mendapat 5 buku klan otori sekaligus, aku telah membaca keseluruhan sinopsis buku sehingga aku bisa menebak kira-kira bagaimana ending tiap buku. Akibatnya, saat membaca, aku jadi tidak bertanya-tanya atas apa yang akan terjadi.Argh! Harusnya aku tidak baca review spoiler dan sinopsis. o(>_<)o  Tapi apa daya, nasi sudah menjadi bubur.

Meski ceritanya sudah kutebak, namun alhamdulillah aku tidak kehilangan motivasi untuk menuntaskan buku ini. 😀

Untuk menikmati bagian akhir dari buku ini sepertinya aku harus berhenti bertanya “kenapa begini? kenapa begitu?” and go with the flow. Rasanya seperti saat membaca twilight.

Btw, ini beberapa quotes yang aku suka dari buku ini:

Kau ingin tetap hidup, kau harus melupakan sebagian dari hidupmu. Itu semua telah berakhir  (halaman 14)

 

Lihat bangau itu, Ichiro. Lihat kesabarannya. Bangau  itu diam tidak bergerak untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Aku juga memiliki kesabaran yang sama, kesabaran tak kenal lelah. (halaman 67)

 

Seperti biasa, suatu rintangan hanya berpengaruh di saat-saat awal, karena aku akan menemukan jalan keluar. (halaman 127)

Ngomong-ngomong, apakah kalian pernah mengalami juga terkabulnya keinginan meski belum berdoa? 😀 Berkenan cerita?

Dan apa pendapat kalian mengenai buku  Kisah Klan Otori: Across the Nightingale Floor (bagi yang pernah baca)? 😀

Advertisements

7 thoughts on “Kisah Klan Otori: Across the Nightingale Floor by Lian Hearn

    • Alhamdulillah masih jodoh. Semoga Audi bisa dapet buku gratisan juga ya 🙂 yuk dibaca 😀 selain buku ini, Hana merekomendasikan the housekeeper and professornya Yoko Ogawa 😀 keren banget itu 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s