[Review & Giveaway] Landline Rainbow Rowell

 

Aku tidak bisa melakukan ini lagi. Aku mencintaimu tapi aku tidak yakin itu cukup, aku tidak yakin itu tidak pernah cukup. Aku tidak ingin hidup seperti ini lagi, Georgie.

-Neal

Pada 17 Desember 2013, akhirnya mimpi Georgie McCool dan sahabatnya Seth menjadi kenyataan setelah 20 tahun penantian. Mereka mendapat tawaran kontrak menulis naskah untuk serial komedi mereka sendiri.

Sayangnya sang Produser meminta naskah empat episode pertama selesai tanggal 27 Desember. Itu berarti Georgie McCool  dan Seth hanya punya waktu 10 hari untuk dapat menyelesaikannya. Tidak hanya itu, Georgie dan keluarganya sudah punya rencana liburan natal untuk mudik ke Omaha, Nebraska, kampung halaman suaminya, Neal.

Georgie membujuk Neal agar natal kali ini mereka tidak mudik dan mengusulkan mengunjungi Omaha di lain waktu sehingga Georgie bisa menyelesaikan deadline naskah tersebut. Namun Neal tidak setuju dan memutuskan untuk tetap pergi mudik ke Nebraska bersama anak-anak mereka, Alice dan Noomi, meninggalkan Georgie sendirian.

Awalnya Georgie berpikir Neal hanya meninggalkannya untuk pergi merayakan natal di kampung halamannya, bukan untuk berpisah selama-lamanya. Benar kan? Atau justru dia salah?
Georgie mulai meragukan dirinya, setelah berulang kali menghubungi Neal, Neal tidak juga membalas teleponnya. Georgie menjadi khawatir dan cemas, apakah jangan-jangan Neal marah dan ingin bercerai dengannya?

Saat Georgie mencoba menelepon Neal menggunakan sebuah telepon kuning, kali ini Neal menjawab. Tapi betapa terkejutnya Georgie ketika mendapati bahwa Neal di masa lalu lah yang menjawab. Georgie kebingungan. bagaimana bisa? Apakah ini karena dia stress, kelelahan sehingga mengalami delusi? Namun jika benar telepon kuning ini dapat menghubungi Neal di masa lalu, apa yang Georgie katakan? Apakah ini kesempatan bagi Georgie untuk memperbaiki segalanya?

“Kalau kau bisa pergi ke masa lalu dan memperbaiki kesalahan, apa kau mau melakukannya? Tapi bagaimana jika kau justru mengacaukannya?”

30047446

Judul: Landline

Penulis: Rainbow Rowell

Penerjemah: Airien Kusumawardani

Penyunting: M. R. Praja Pramudita

Proofreader: Titish A.K.

Desain Cover: Chyntia Yanetha

Cetakan: pertama, April 2016

Penerbit: Spring

ISBN: 9786027432235

Review:

Novel-novel Rainbow Rowell yang sudah pernah aku baca adalah Eleanor & Park, Attachment,  dan Landline. Jika diminta mengurutkan ketiga novel berdasarkan yang paling kusukai, maka urutannya adalah:

  1. Attachment
  2. Landline
  3. Eleanor & Park

Dalam Eleanor & Park, Rainbow Rowell mengajakmu merasakan cinta pertama; Attachment membuatmu merasakan jatuh cinta sebelum pandangan pertama; dan kali ini dalam Landline, Rainbow Rowell berusaha mengajakmu mempertahankan cinta dalam pernikahan.

Landline bisa dibilang memenuhi hampir semua checklist  yang kuharapkan dari Rainbow Rowell:

  • Karakter yang unik dan memorable

Georgie yang selalu punya rencana, Neal yang menjalani hidup seperti air, Seth yang suka tebar pesona.

tumblr_nwmxqc8ebw1uipgjco1_400
Sumber: tumblr

 

  • Emosimu dibuat campur aduk

Landline berhasil membuat emosiku bercampur aduk: cemas, khawatir, sedih, menyesal, berharap, kesal, tersenyum dan bahagia. Aku dengan mudah mengidentifikasi diriku dengan Georgie McCool karena merasa mirip dengan Georgie. Aku dapat membayangkan diriku menjadi workholic, berjuang keras untuk mencapai mimpiku dan tanpa sadar pelan-pelan mulai lebih sering menghabiskan lebih banyak waktu di kantor dibanding di rumah. Aku turut merasakan kecemasan dan kekhawatiran Georgie ketika Neal tidak juga menjawab teleponnya.

tumblr_nyl4osiujb1uss23to1_500
Image source: tumblr

 

  • Romantis

Berikut salah satu kutipan percakapan Georgie & Neal yang aku sukai:

“Kau tidak bisa memaksaku melakukan apa-apa – aku seorang pria dewasa. Dan aku jauh lebih kuat darimu.”

“Kekuatan tubuh bagian atas bukan segalanya. Aku punya akal.”

“Tidak juga”

“Ya. Aku punya. Aku seorang wanita. Semua wanita punya akal.”

“Beberapa wanita. Tidak semua wanita dilahirkan dengan sifat cerdas.”

“Kalau aku tidak punya akal”, kata Georgie, “bagaimana mungkin aku bisa membuatmu melakukan hampir semua yang kuinginkan?”

“Kau tidak membuat-ku melakukan apa-apa. Aku melakukannya begitu saja. Karena aku mencintaimu.”

Awww~ melting sumpah pas baca bagian ini.

remember_me_gif_by_ronnieann-d4mb0uk
Sumber: devianart

 

  • Page turner

Aku mengira akan butuh waktu lama menyelesaikan novel ini mengingat load pekerjaan di kantor sedang banyak dan pada akhir pekan, aku juga sudah ada acara. Aku berpikir untuk menyiasatinya dengan menyicil membaca buku ini satu bab perhari. Namun begitu membaca buku ini, buku ini berhasil menyedot perhatianku. Aku tidak bisa berhenti membaca. Aku membaca 200 halaman pertama pada pukul 8 hingga ketiduran  pukul 11 malam. Kemudian terbangun jam 3 pagi dan melanjutkan membaca dan mendapati diriku sudah selesai membaca pada jam 4 pagi.

tumblr_mzeu20tbkh1qkemeeo1_500
Sumber: tumblr

 

Biasanya aku memberikan minimal bintang 4 untuk cerita seperti ini

Tapi…

Aku merasa Attachment jauh lebih baik dibanding Landline dan gap antara Attachment dengan Landline tidak bisa kukatakan sedikit, sehingga aku merasa Rainbow Rowell seharusnya bisa menulis lebih baik daripada ini. Atau mungkin karena aku amat sangat menyukai Attachment sehingga ekspektasiku terhadap Rainbow Rowell yang naik. Rasanya seperti pertama kali kau naik Gojek dan kau kagum karena tarifnya murah, drivernya ramah, tapi lama-lama kau tahu bahwa itu adalah standar minimal pelayanan Gojek, sehingga ekspektasimu naik dan kamu berharap hal yang lebih untuk memberi rating 4/5 bintang.

Hmmmm… mungkin lebih baik begini saja:

Rating:
Bagian awal: 4 bintang
Bagian tengah: 4 bintang
Bagian akhir: 2 bintang

(4+4+2)/3=10/3=3.333

Kubulatkan 3,5 karena aku tidak merasa bosan meski baca kedua kali (sudah baca yang bahasa inggrisnya), dan aku merasa kualitas terjemahan penerbit Spring bagus dan niat banget sampai dikasih footnote segala, terus yang diberi footnote memang bagian yang aku tidak ketahui (Salut sama penerjemah dan tim redaksinya. Kok bisa tahu ya aku tidak tahu? How they did that?)

Jadi, 3,5 bintang untuk Landline.

Landline aku rekomendasikan untuk  para penggemar Rainbow Rowell atau yang suka cerita tentang pernikahan. 😀

tumblr_o5dsufycnx1tqd2tco2_400

Mari kita mulai bagian yang dinanti-natikan:

GIVEAWAY!!

Alhamdulillah Penerbit Spring menyediakan 1 (SATU) novel Landline untuk satu orang yang beruntung! Terima kasih penerbit Spring atas kesempatannya!

Yuk simak cara dan ketentuannya:

  1. Peserta memiliki alamat rumah di Indonesia
  2. Wajib like Facebook Fanpage Penerbit Spring, follow twitter @PenerbitSpring, Instagram @PenerbitSpring (jika punya akun), wattpad PenerbitSpring (jika punya akun)
  3. Follow twitter @hanabilqisthi dan blog Hana Book Review ini via follow button atau via email
  4. Share giveaway ini di twitter dengan mention Penerbit Spring (@PenerbitSpring) dan saya (@hanabilqisthi) dengan hastag #ReviewLandline
  5. Jawab pertanyaan berikut:

Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?

 

landline quotes
sumber : instagram penerbit Spring

Tulis jawabannya di kolom komentar dengan format

Nama:

Facebook:

Twitter:

IG: (jika ada)

Wattpad: (jika ada)

Link share:

Jawaban:

6. Giveaway ini berlangsung empat hari dari tanggal 27 hingga 30 Mei 2016.  Giveaway akan ditutup pada hari Senin, tanggal 30 Mei 2016 jam 23.59 WIB dan pemenang akan diumumkan di blog ini pada Rabu, 1 Juni 2016.

7. Pemenang akan dihubungi via DM twitter untuk alamat pengiriman, jika dalam 3 hari tidak ada jawaban, akan dipilih pemenang lain.

Semoga beruntung mendapatkan sebuah novel Landline! 😀

Advertisements

37 thoughts on “[Review & Giveaway] Landline Rainbow Rowell

  1. Nama : Ratnani Latifah
    FB : Ratna Hana Matsura
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    IG : kazuhana_el_ratna
    Wattpad : Kazuhana_el_ratna11
    Link share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/736011512498642944
    Jawab : Sepertinya aku tidak ingin menelepon siapa pun dan tak ingin mengatakan apapun. Karena bagiku masa lalu itu adalah kisah yang sudah berlalu dan hanya akan menjadi masalalu juga cermin untuk memperbaiki diri. Jadi biarlah masalalu tetap berada di tempatnya dan aku akan memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik di masa depan.

    Like

  2. Nama : M. Sulhan Habibi
    FB : Sulhan Habibi
    Twitter dan IG : @SulhanHabibi

    Link share : https://twitter.com/SulhanHabibi/status/736014212565110785

    Pertanyaan :
    Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?

    Jawaban:
    Terus terang awalnya aku bingung siapa yang akan aku telepon karena aku tidak ada orang yang kurasa kurindukan, merasa kehilangan dia, atau orang yang sekiranya kusakiti.

    Namun, akhirnya aku memutuskan untuk menelpon sang penemu Telepon pertama kali “Alexander Graham Bell”. Aku ingin menelpon ketika telpon yang dia buat jadi untuk pertama kalinya dan sudah diuji coba. Aku ingin mengatakan, “Terima kasih sudah menemukan telpon untuk komunikasi. Alat yang Anda ciptakan berhasil dan sangat berguna dan bermanfaat untuk umat manusia. Saya dari masa depan ingin berterima kasih kepada Anda secara pribadi. Kini, di masa depan, ketika aku merindukan orang2 yang kusayangi, aku bisa menelpon mereka dan mendengar suara mereka walau jarak kami terpisah jauh. Terima kasih.”

    **

    Btw, terima kasih atas kesempatan GA-nya

    Like

    • Sepertinya ada perdebatan penemu telepon antara Graham Bell dan Antonio Meucci. Siapa pun di antara mereka yg benar2 penemu telepon pertama kali, aku harap teleponku menelpon orang yang benar 😊

      Like

  3. nama : Wulandari
    fb : wulan chayaank
    twitter @wulanchayaank
    ig wulan chayaank

    link sharehttps://twitter.com/WulanChayaank/status/736018414720811012

    jawaban:
    Jika aku memiliki telepon yang dapat menghubungkanku dengan masa lalu, aku akan menelepon Kak Doni, ” Kak, maafkan aku yang tidak dapat menepati janji kita untuk menikah pada tahun 2010 lalu. Kau tau sendiri aku harus bekerja menyekolahkan adikku dan membantu kedua orang tuaku. aku tidak bisa egois dengan melepaskan tanggung jawab itu demi kebahagiaanku sendiri. Maafkan aku yang tidak berdaya.

    Like

  4. Maila’ul izza annabiila
    facebook.com/mailaul
    @mailaul
    https://twitter.com/mailaul/status/736030353593237504

    Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?

    Ibu dari mantan pacar terakhir saya.

    Beberapa waktu lalu saya menjalin sebuah hubungan ldr yang membuat saya suka melakukan aktivitas menelepon. Saya juga suka menelepon dan mengobrol dengan ibu dari mantan pacar saya. Kami suka mengobrol tentang banyak hal. Hal sepele seputar hubungan saya dengan anaknya maupun obrolan masalah pekerjaan saya.

    Beberapa minggu sebelum putus, saya kehilangan hp milik saya dan saya belum sempat mencatat nomor telepon milik ibu. Setelah putus, beberapa hari kemudian adalah hari ulang tahun ibu. Saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun tapi oleh mantan pacar saya tidak perlu menelepon, titip salam saja karena akan disalamkan. Ia juga menolak memberikan nomor telpon ibunya.

    Ya, saya tidak bisa memaksa sih dan mantan saya itu memang berhak melakukan hal itu. Tapi rasanya nggak enak aja. Main pergi dari hidup ibu tanpa pamit. Ya, walaupun ibu sekarang nggak begitu kehilangan sih karena sudah ada perempuan baru pengganti saya. Tapi ya tetap saja.

    Jadi kalau bisa memiliki telepon yang menghubungkan dengan masa lalu, saya ingin kembali ke tanggal 5 Maret, mengucapkan selamat ulang tahun dan berterima kasih untuk waktu yang sudah diberikan kepada saya, juga beberapa cerita yang sudah dengan senang hati dibagi bersama saya-kepada ibu dari mantan saya.

    Like

  5. Nama: Ratih Kurnia Amanda

    Facebook: Ratih Kurnia

    Twitter: @ratihkurniaa

    IG: ratih1315

    Link share: https://twitter.com/RatihKurniaa/status/736025779314655234

    Jawaban: Aku akan menelpon diriku sendiri
    mengatakan : Jangan takut mengeluarkan pendapat, berbicaralah dan utarakan apa yang ada dalam benakmu. Mereka menatap bukan untuk mengejekmu, mereka menatap untuk menilai seperti apa dirimu, seberapa hebat kamu. Jika kau tak berbicara, mereka tak punya penilaian tetangmu, tak merasakan kehadiranmu. Waktumu akan terus berjalan, tak ada waktu yang dapat diulang, semakin lama kau diam, maka semakin lama kau terkurung dalam kesendirian.

    Like

  6. Nama : Berry Octaviansyah
    FB : Berry Octaviansyah (writingbloc@yahoo.com)
    Twitter : @berrybasskayu

    Link share :

    Pertanyaan :
    Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?

    Jawaban:
    jujur karena pertanyaannya yang menggerakkan gw untuk ikutan GA, (review booknya kurang mempersuasi landline tapi attachment.. salahnya mba hana knp dikasih rate 3.5 hehe ) tapi syukur-syukur bisa dapet jadi bisa nge-review sendiri.

    baik, jika beneran ada telepon itu saya pake untuk menelpon saya yang masih sekolah dasar.. lalu saya bilang “ehh ber.. baca buku yang banyak biar pinterr jangan main gameboat trus..!!”

    Terima kasih.”

    **

    Like

  7. Nama: Arianti Pratiwi Mustar

    Facebook: Arianti Pratiwi Mustar

    Twitter: tiwitwinkeli

    IG: tiwi_mustar

    Wattpad: tiwitwinkeli

    Link share: https://mobile.twitter.com/TiwitwinkEli/status/736060792928239616

    Jawaban:
    Mau nelpon Arianti Pratiwi Mustar…
    “Wi…kamu mau jadi penulis keren, kan? Nah…jangan suka tidur dan ngayal mulu. Kamu harus nulis, nulis!!! Kali aja besok pas aku jalan-jalan ke toko buku udah nemu nama kita. Kamu sukses, aku yang sekarang sukses juga pasti.”

    Like

  8. Atifah Esti Pratiwi
    FB: Atifah Esti Pratiwi
    Twitter : @Atifaque
    Link Share: Check out @Atifaque’s Tweet: https://twitter.com/Atifaque/status/736064362343845894?s=09

    Pertanyaan :
    Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?

    Jawaban:
    Saya akan menelepon adik perempuan saya sendiri 10 tahun lalu saat dia masih berusia 6 tahun. Mungkin saya terlihat membanggakan adik saya seperti yang Holden Caulfield lakukan untuk Phoebe-nya tetapi, sungguh, saat itu adik aku sangat lucu, lembut, dan polos, aku berharap aku yang sudah dewasa ini dapat berbicara dengan dia yang saat itu masih kecil. Aku akan bilang betapa cantiknya dia 10 tahun lagi dan memberikan sedikit saran sebagai seorang kakak yang baik, tentu aku dapat melakukannya di masa sekarang, tetapi sekarang dia sudah remaja dan mungkin mempunyai pemikiran sendiri yang sulit aku kendalikan. Alasan lain kenapa aku ingin telepon adikku adalah semata-mata karena aku merindukan saat-saat itu dan saya rasa saat itu saya belum melakukannya sebaik sekarang dalam menghabiskan waktu dengan dia. Sisi egoisku juga berharap adik aku tetap kecil dan selalu mengandalkan aku, tidak perlu beranjak dewasa dan mulai memiliki kehidupannya sendiri. Tapi itu tidak mungkin, jadi sepertinya jika aku diberi kesempatan untuk menelepon ke masa lalu, adik aku lah yang aku telepon.

    Like

  9. Nama: Aulia
    Facebook: Nunaa Lia
    Twitter: @nunaalia
    IG: @nunaalia
    Wattpad: nunaalia
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/736091432180547584
    Jawaban:
    Orang-orang tersayang (keluarga) yg kini telah tiada, seperti Kakek & Nenek, Paman & Bibi, juga saudara sepupu. Dulu karena kami tinggal berjauhan, aku jarang komunikasi dengan mereka, ditambah lagi aku memang orang yg pendiam. Aku hanya ingin bilang kepada mereka kalau aku menyayangi mereka dan kangen pada mereka.

    Like

  10. Nama: Kezya Indira

    Facebook: Kezya Echa Indira

    Twitter: @kezyaindira

    IG: @kezyaip

    Link share: https://twitter.com/KezyaIndira/status/736126607421636609

    Q: Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?

    A: Mamaku pas SMA :))

    “Nopiiiiii, this is your future daughter who just got into high school. Ma, kurangin bandelnya, jangan rebutan somay di gerobak abang somay yang mangkal di deket selokan nanti gerobaknya nyungsep ke got. Percaya sama aku, Ma.”

    Like

  11. AHhh I haven’t read EITHER of these yet! I love Fangirl and although I’m less keen of Eleanor & Park, I still liked it. 😉 Which means I definitely need to at least try both of these someday. I’m glad they were solidly wonderful reads for you, Hana! 😀

    Thanks for stopping by @ Paper Fury!

    Liked by 1 person

    • Yeah I recommended you to read Landline & Attachment. 😀
      I have not read Fangirl yet but I knew lots of people like it,and when I found out you love it, too, it made me want to read it ASAP 😀 Thank you Cait for sharing your opinion 😀

      Like

  12. Nama: Nur R
    Facebook: Hoshino Nami
    Twitter:@ombakBintang
    IG: @ombak_bintang
    Tautan berbagi : https://twitter.com/OmbakBintang/status/735997429175066624
    Jawabku, kalau punya telepon seperti itu aku ingin menghubungi diri saat sma, aku ingin mendengarlagi akan kepercayaan akan mimpi yang pernah aku coba tinggalkan dan masih aku ingini. Egois memang, tapi aku ingin seperti dulu yang punya semangat. Juga ingin berkata agar tidak banyak bertrngkar dengan ayah. Karebna saya sekarang rindu saat itu sekaligus menyesalinya saat beliau tiada. Terima kasih kak kesempatannya. 😊😊

    Like

  13. Nama: Fetreiscia Frida
    FB: Fetreiscia Frida
    Twitter: @fetreisciafrida
    IG: fetreisciafrida
    Wattpad: @twinieblio_f
    Link share: https://twitter.com/fetreisciafrida/status/736374900840009728

    Jika aku bisa menghubungi orang dimasa lalu, aku ngin menghubungi papa ku. Aku mau bilang ‘Pa, aku kangen papa. Maaf selama ini belum bisa jadi anak baik dan kita ga pernah jadi ayah dan anak yang dekat. Dan mungkin kenangan kita cuma sedikit. Tapi aku sayang papa, dan aku kangen banget sama papa.’
    Itu kalimat yang ingin aku ucapkan ke papa, dan menurutku dengan kalimat itu papa akan tau seberapa sayang dan kangen nya aku dengan sosok kehadirannya. Setidaknya akhirnya aku pernah mengucapkan kalimat itu kepada papa walau sedikit terlambat.

    Like

  14. Nama: Kejora Anaphalisia
    Facebook: Kejora Anaphalisia
    Twitter: @phalisia
    Link share: https://twitter.com/Anaphalisia/status/736493136969506818

    Nenek. Saya mau mengucapkan maaf karena tidak berterima kasih pada beliau yang sudah mengurus saya sewaktu kecil saat masih dititipkan di rumah nenek. Maaf karena ketika nenek berkali-kali mengajak saya ke desa, menemani nenek di rumahnya, saya justru beberapa kali menolak. Dan juga terima kasih karena bersedia membantu ibu merawat semasa kecil.

    Like

  15. Nama: Miftahur Rizqi
    Facebook: Miftahur Rizqi
    Twitter: @MR_Laros
    IG: @riqi1771
    Link share: https://twitter.com/MR_Laros/status/736501356475863040
    Jawaban :
    aku akan menelepon pembuat/penemu telepon untuk tidak menciptakan benda yang namanya telepon itu. supaya aku tidak bisa menelepon dengan orang dimasa lalu, karena masa lalu itu menyakitakan apabila di ingat-ingat lagi, apalagi menelpon orang yang hadir dimasa laluku yang tidak membuatku bahagia.

    Like

  16. Nama: Ai Siti Mulyani
    Facebook: Ai Siti Mulyani / aist.mulyani
    Twitter: @aimuliya
    IG: aiyaaaai
    Wattpad: muliyaniai
    Link share: https://twitter.com/aimuliya/status/736520240884899840

    Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?

    Jika saya memiliki telepon ajaib seperti itu saya ingin menghubungi Uwa(?) (apa sih bahasa Indonesianya Uwa? Saya sebut di sini tante saja ‘-‘) saya. Sejak saya SD sampai SMP saya ditinggal berdua dengan kakak karena Mama & Papa kerja di luar kota, paling-paling pulang beberapa bulan sekali jika tidak saya yang berkunjung ke sana.

    Saya ingin meminta maaf pada tante saya yang sudah merawat saya sejak saya SD. Saya ingat sering rewel, minta ini itu, sering marah karena keinginan saya tidak terkabul. Meskipun tante bukan orangtua kandung saya tapi dia merawat saya dan menyayangi saya sama seperti anaknya sendiri. Saya belum sempat meminta maaf sekaligus berterimakasih karena ketika SMP tante saya meninggal.

    sekali lagi, jika saya mempunyai telepon yang dapat mengubungkan saya dengan masa lalu, saya ingin menghubungi tante saya ketika masih hidup dan meminta maaf juga berterimakasih sebelum terlambat.

    Like

  17. Nama : Aini Eka
    Twitter : @ainekayul
    Facebook : Aini Ainayya
    Link share : https://mobile.twitter.com/ainekayul/status/736519260298608640?p=v

    Jika aku mendapat kesempatan istimewa itu, aku akan menelpon bapak dan mengatakan, “Pak, jangan pergi. Kami membutuhkanmu di sini. Rezeki bisa dicari asal kita selalu ikhtiar dan tawakal, tidak harus menyebrang ke negeri tetangga.”

    Tuhan memang telah menggariskan segalanya, tapi saya merasa kehidupan akan lebih baik jika keluarga kami bisa tetap utuh meski harus bertahan dengan segala keterbatasan. Karena kepergian bapak yang katanya mencari rupiah di negeri Jiran sebagai TKI, keluarga kami terpisah dan hancur berantakan. Bukan rupiah dan hidup nyaman yang kami dapat, tetapi bapak malah melupakan keberadaan kami. Bapak hilang tanpa jejak. Adik kecil harus menjadi korban, dan tidak pernah tau seperti apa sosok ayahnya. Karena itu aku ingin mengubah masa lalu, berharap bapak tetap tinggal, dan ibu tidak menjadi orang tua tunggal.

    Like

  18. Nama : Dita Kumala
    Facebook : Dita Tata Kumala
    Twiter : DitaKumala_7
    Link share :https://mobile.twitter.com/DitaKumala_7/status/736569850269556736
    Jawaban : Jika aku bisa menghubungi seseorg di masa lalu,maka aku akan menghubungi seseorg yg berarti,akan aku sampaikan bahwa aku mencintainya,bahwa aku tak mengnginkannya pergi,bahwa aku menginginkan dy sllu berada disisiku,
    Tapi yg trpenting aku akan minta maaf padanya karna dulu tak pernah memperjuangkannya,dan mungkin kini kau tlah bersama dgn yg lain tp tdk apa apa,Semoga kau bahagia.
    Aku merindukanmu,dari dulu sejak kau memutuskan pergi dariku,

    Like

  19. Nama: Nur Hafifah Aini
    Facebook: https://www.facebook.com/yukihikari
    Twitter: @yuki_yuchan
    IG: @yuki_yuchan
    Link share: https://twitter.com/yuki_yuchan/status/736676946893905920

    Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?
    Jawaban:
    Sejujurnya impian aku pribadi busa menjelajah waktu. Kapan lagi dong bisa memperbaiki hal-hal konyol yang seharusnya nggak terjadi dalam hidup? Pastinya mau banget! xD
    Dan, sayangnya pertanyaan yang diberikan menurutku sangat terbatas sekali karena aku hanya boleh menelpon. Di kampungku dulu telepon itu masih menjadi barang yang mahal jadi otomatis nggak semua orang punya telepon dong. Baru beberapa tahun terakhir telepon menjadi barang yang murah di kampungku.
    Karena demi mendapat buku cover biru yang udah bikin aku jatuh cinta, aku coba jawab ya.

    Adalah ayahku yang ingin sekali aku telepon.
    Alasannya sederhana, kejadian ini terjadi beberapa tahun yang lalu, aku lupa tepatnya kapan. Pagi hari biasa menjadi hari yang sibuk di rumah. Kedua orangtuaku bekerja. Otomatis selalu menjadi hari yang super hektik. Dan, kebetulan pagi itu aku berangkat kerja dengan keadaan motor yang bensinnya akan habis. Sebelum berangkat aku pun mampir dulu ke pom bensin dekat rumah. Alhamdulillah aku kehabisan bensin tepat ketika sampai di pom bensin. Mulailah aku mengantri. Dan ketika akan membuka bagasi motor aku kesulitan membukanya. Aku memang belum begitu terbiasa membawa motor sendiri. Awalnya aku biasa saja masih mencoba membuka dengan kunci motor. Dan ketika menyerah mencoba meminta bantuan petugas pom bensin. Keadaan semakin membuatku panik ketika bagasi motor tidak mau membuka. Aku yang panik berusaha tenang dengan menelepon orang rumah. Untungnya ayahku masih ada di rumah. Aku meminta ayahku datang ke pom bensin. Ketika ayahku sampai pun beliau sama tidak bisa membukanya. Alhasil kami berdua harus mendorong pulang motor dengan berjalan kaki.
    Letak pom bensin ke rumahku lumayan jauh, dan aku merasa beruntung banget ada ayahku yang mau mendorong motorku. Padahal sudah waktunya ayah berangkat kerja. Dan membuat saya terharu juga.
    Dari kejadian itu lah aku ingin menelepon ayahku. Aku akan berpura-pura menjadi petugas pom bensin dan mengatakan bahwa putrinya terjebak di pom bensin karena membawa kunci yang salah.

    Yup, setelah setelah sampai di rumah kami berdua baru sadar bahwa aku membawa kunci yang salah. Pantas saja bagasi motorku tidak mau terbuka. Rasanya hari itu benar-benar paket komplit bagiku. Kejadian super panik, super konyol, dan super mengharukan.
    Tapi aku nggak tega juga melihat ayahku mendorong-dorong motor. Rasanya benar sekali ketika bisa mengubah masa lalu itu.

    Terima kasih sudah mengadakan GA, Hana 😀
    Wish me luck

    Like

  20. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Facebook: Ananda Nur Fitriani
    Twitter: @anandanf07
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/736695574754271232
    Jawaban:
    Nenek dari ayahku. Nenek meninggal waktu aku berumur 7 tahun. Saat itu, nenek tinggal serumah denganku. Karena ayahku ingin menjaga ibunya yang sudah menginjak umur 70 tahun dan mulai sakit-sakitan. Aku pun merasa perhatian ayahku terhadapku jadi direbut olehnya. Dari situlah rasa ketidaksukaanku muncul, aku jadi berpikir “ih, ngapain sih tinggal di sini, masih banyak saudara yang bisa ngurusin juga” :(((( akhirnya aku sering melakukan keisengan yang *waktu itu* aku pikir bisa membuat nenek gak betah tinggal di rumahku, tapi setiap aku melakukan itu, nenek malah tersenyum. Seakan-akan kelakuanku hanyalah tindak kepolosan anak kecil. Padahal dalam hati aku punya pikiran kotor tentang dirinya :(((

    Hingga suatu hari, nenekku jatuh di kamar mandi tepat saat aku sedang keluar untuk bermain dengan teman sekomplekku. Saat aku kembali, aku melihat nenekku terbaring di tempat tidur, masih pingsan. Akhirnya, ibuku menceritakan apa yang terjadi. Dan aku merasa bersalah karena tidak ikut menjaga nenek dengan baik, malah selama ini iseng dan main keluyuran. Maka sejak itu, aku selalu meluangkan waktu di samping nenek. Tapi nenekku belum sadar semenjak saat itu. Hingga akhirnya setelah 5 hari, ayahku memutuskan untuk dirawat di rumah saudaraku, supaya semakin banyak yang bisa mendoakan. Namun sayangnya, aku melakukan kebodohan lagi. Malam di mana nyawa nenekku diambil, aku malah asyik bercanda dengan saudara-saudaraku. Padahal hari-hari sebelumnya aku bahkan gak pernah sama sekali ngobrol dengan mereka, aku sibuk memikirkan nenek. Dan malam itu, aku sedang tertawa saat ayahku datang dengan kesedihan di matanya, berkata “sst.. jangan berisik ya, neneknya udah gak ada”. Mendengar itu, aku merasa jadi orang ter-ga-guna sedunia. Selama ini aku tidak pernah berbuat baik terhadapnya, setidaknya di saat terakhirnya aku bisa menjaga, menunggu di sampingnya, bukannya malah bercanda dan tertawa bahagia.

    Hingga saat ini, jika ditanya tentang penyesalan, kejadian inilah yang langsung muncul di kepalaku. Aku belum sempat meminta maaf terhadapnya, belum sempat membuatnya tersenyum karena ketulusan hatiku, bukan karena hati yang kotor namun ditutupi oleh wajah manis anak kecil. Aku ingin diberi waktu sehari untuk membuatnya bahagia, menjaganya, menunjukkan padanya bahwa aku menyayanginya. Atau sekadar mengobrol dan bercerita dengan telepon masa lalu? :’) #gakuat #kumenangisnulisini 😦

    Like

  21. Nama: Lisa Sentani
    Facebook: http://facebook.com/lisa.sentani
    Twitter: @lisasent
    IG: @lisasentani
    Link share: https://twitter.com/lisasent/status/736587132555268096

    Jika aku memiliki telepon yang dapat menghubungkanku dengan masa lalu, maka yang akan aku telepon adalah sahabatku di SMA, yang saat ini sudah benar-benar lost contact dengannya, meski kami memiliki kegemaran yang berbeda tapi kami bisa tetap kompak, aku suka nulis dia suka musik, pernah kita kolaborasi cipta lagu di pelajaran seni dan dapat apresiasi dari guru. Dulu kami selalu bersama, dia yang pernah ngerjain sampai aku nangis saat aku ulang tahun, sampai dia yang curhat hingga menitikkan air mata, meski ga sedikit konflik yang pernah buat kami jadi perang dingin. Karena 1 dan 2 alasan, keluarganya memindahkan sekolahnya meski sudah kelas 3 yang sebentar lagi lulus. Pindah ke lain pulau, nomor hp nya di tahun pertama masih aktif, kami masih bisa ngobrol panjang lebar, namun setelah lewat setahun lebih, akhirnya benar-benar lost contact, nomor hp orang tua nya pun pernah sampai dihubungi namun hasilnya nihil.
    Jika aku diberi kesempatan untuk menelponnya, maka aku akan mengatakan satu kalimat saja, “aku merindukan kamu, dv”

    Like

  22. Nama: Dita Amelia Putri

    Facebook: Dita Amelia Putri

    Twitter: @_ditamel

    Wattpad: @ohanayasan

    Link share: https://twitter.com/_ditamel/status/736755988200488960

    Jawaban : Jika aku memiliki telepon yang tersambung ke masa lalu, aku ingin menelepon aku saat duduk di bangku sekolah dan berkata “Hai Dit, terima kasih anak baik-baik! Kau awal dari aku yang sekarang, aku yang ingin mengenal lebih jauh agamaku dan berusaha mencapai surga-Nya. Ku harap aku tidak mengecewakanmu. Terima kasih telah menjadi salah satu pengingat dan inspirasi :)”

    Like

  23. Nama : Prisilia Irene
    Facebook : Prisilia Irene
    Twitter : @prisiliairene
    IG ; ciciirn
    Link share :

    Jawaban:
    Jika aku memiliki telepon yang tersambung ke masa lalu, maka aku memilih untuk menelepon kakek dari kedua ayah dan ibuku.
    Mengapa mereka?
    Yang pertama, kenapa kakek dari ayah, karena kakek dari ayah meninggal saat saya berumur 2.5 tahun, itu artinya saya belum ngerti apa-apa soal meninggalnya beliau. Saya ingin meneleponnya, untuk menanyakan apakah beliau bahagia atas lahirnya saya? Apakah beliau juga puas untuk bermain dengan saya? Apakah beliau disana baik-baik saja dan merindukan saya beserta keluarga saya? Kalau bisa saya ingin memintanya untuk kembali, karena saya sangat sangat ingin merasakan kasih sayangnya, karena dulu saya masih terlalu kecil untuk merasakan seluruh kasih sayangnya

    Yang kedua, mengapa kakek dari ibu saya? Karena beliau meninggal saat saya berumur 7 tahun. Disaat itu saya adalah cucu pertama beliau, dan berhubung saya sudah agak besar untuk mengerti, jadi saya sempat untuk merasakan kasih sayangnya. Saya ingin meneleponnya untuk menanyakan apakah dia bahagia disana? Saya juga ingin bercerita kalau saya punya adik baru. Saya ingin sekali menyuruhnya kembali karena saya rindu sekali akan kasih sayangnya dulu.

    Itu saja jawaban saya, semoga saya beneran dapet telepon yang bisa nelepon ke masa lalu ya, haha soalnya beneran pengen bgt nelpon kakek disana

    Like

  24. Nama : Siti Nurlaela Hasanah
    Facebook : Siti Nurlaela Hasanah (hsitinurlaela20@gmail.com
    Twitter : @sitinh93
    IG : @sitinh93
    Wattpad : @sitinh93
    Link share : https://mobile.twitter.com/sitinh93/status/736955373408555012

    Jawaban : Aku akan telepon salahsatu teman laki-lakiku saat kelas 3 Sekolah Dasar, dan menyampaikan ” Maaf Roni… Aku dulu pernah menyukaimu karena dulu kamu anak yang pintar, tampan dan cukup cool di kelas kita, saat SD kelas tiga.”

    Like

  25. Nama: ema
    Facebook: kaka emma
    Twitter: @emmanoer22
    IG: @emma_noer17
    Wattpad: @Layahhhh
    Link share: https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/737080701632155649?p=v

    Jawaban: “jika bisa aku ingin menelpon mantan sahabat baikku, karena mungkin dia adalah salah satu teman dan sahabat terbaik yang pernah aku punya. Aku hanya ingin mengatakan ditelpon itu berupa kalimat, “Kamu salah karena membuangku dari pertemanan kita dan tidak mempercayaiku. Semua hal tentangmu yang aku tahu adalah benar” tulus aku menyayangi kamu seperti keluargaku. Tapi kamu yang nggak percaya dan salahpaham yang kamu yakini kebenaran itulah yang membuatku menjauh. Meski kita bisa kembali berteman tapi rasanya tak akan sama lagi. Aku masih punya rasa sakit dan dendam padamu karena memperlakukanku seperti seorang perebut kekasih sahabatnya dan mempermalukanku dihadapan banyak orang (teman sekalas, anggota osis dan kakak kelas) waktu itu, tapi dilain sisi aku ingin minta maaf padamu. Karena aku juga membuat hubungan kita yang dekat dulu berubah, aku orang yang egois. Jadi, Sari sahabatku meski kita nggak bisa seperti dulu, usahamu untuk tetap dekat denganku adalah hal baik.”

    Like

  26. Nama: Eka Sasining Putri
    Facebook: Eka Sasie
    Twitter: @cha_ichie
    Wattpad: @ichigatsu
    Link share: https://twitter.com/cha_ichie/status/737151120389214208
    Jawaban: Jika aku memiliki telepon yang dapat menghubungkanku dengan masa lalu, aku akan menelepon ibuku, dan mengatakan, “Bu, mari kita bahagia bersama-sama. Karena bahagia sendirian itu menyedihkan.”
    Aku berpikir untuk lebih bersikap egois meski terlambat. Aku ingin menyampaikan semua hal yang terlewat kusampaikan pada ibuku di masa lalu. Aku ingin sedikit menghalanginya menikahi lelaki yang bagiku salah berada di sisinya. Aku ingin menyadarkannya pada dampak besar yang akan timbul dari pernikahannya yang tiba-tiba dan menyakiti banyak orang. Katakan aku hanya anak serakah yang menghambat tibanya kegembiraan pada ibunya sendiri, aku tidak peduli. Bagiku, ibu telah terjerat kebahagiaan palsu yang ditancapkan paksa dalam hidupnya, yang bahkan tak tampak di penglihatannya tapi berdiri nyalang di pandangan orang lain. Aku berharap mampu membebaskan ibu dari itu semua. Jadi, melewati kepercayaanku pada pilihan ibu dan kebodohanku karena itu, aku akan berkata, “Ibu, berbahagialah bersama orang-orang di sekitarmu—orang-orang yang mendukung kehidupanmu selama ini.”

    Like

  27. Nama: Bintang Maharani
    Facebook: (tidak ada)
    Twitter: @btgmr

    Menghubungi John Lenon pada malam kejadian sebelum ia tewas ditembak oleh seseorang yang menunggunya di luar gedung sambil ingin meminta tanda tangan. Saya ingin mengatakan padanya agar dia jangan pulang dulu malam itu, tetaplah di dalam gedung. Ada orang jahat di luar sana yang telah menunggunya, menyamar sebagai fans, kemudian akan langsung menembaknya.

    Saya ingin dia tetap selamat, tetap hidup sampai penyakit yang menggerogoti nyawanya, bukan karena sebuah peluru. Saya ingin dia masih bisa berkarya hingga belasan atau puluhan tahun ke depan seperti Paul McCartney yang masih aktif berkolaborasi dengan musisi masa kini. John Lenon itu ibarat motornya The Beatles dulu. Dia orang yang jenius dalam menciptakan sebuah karya lagu. Seperti lagu solonya “Imagine” yang sangat terkenal. Meski lagu itu sempat menuai kontroversi, tapi maknanya sangat dalam jika direnungi. Mirip-mirip seperti lagu Chrisye “Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada”.

    Yah, saya hanya merasa sangat disayangkan salah satu orang yang sangat berpengaruh untuk industri musik dunia harus pergi dengan cara yang seperti itu. Apalagi anaknya saat itu masih kecil-kecil dan belum begitu lama menikah dengan Yoko Ono. He was such a huge talent and treasure.

    Like

  28. Nama: Bintang Permata Alam
    Twitter/IG: @Bintang_Ach
    Facebook: (sama kayak nama lengkap)
    Link share:

    Dari dulu, aku termasuk orang yang sangat mengagumi patung Sura dan Baya yang ada di depan kebun binatang Surabaya. Entah gak tau kenapa, dari dulu—pas masih kecil—aku sangat suka sekali saat membicarakan topik ini bersama teman-teman. Rasanya, seperti ada manis-manisnya gitu, hehe.

    Ok, jadi kalau aku berkesempatan untuk menghubungi orang di masa lalu, maka aku akan menghubungi si pembuat patung Sura dan Baya ini. Ada banyak sekali yang ingin aku tanyakan sama beliau. Seperti apa ide yang mendasari untuk membuat patungnya, berapa lama waktu pengerjaan, dan apa saja kesulitannya. Lalu aku mungkin juga akan bertukar informasi tentang dua masa yang berbeda. Aku akan menceritakan tentang keadaan di masa sekarang. Tentang keadaan masyarakatnya, tentang kejadian-kejadian menariknya, dan pokoknya tentang semua yang ada di masa sekarang deh.

    Lalu dia pun juga akan bertukar informasi denganku. Dia akan menceritakan bagaimana keadaan kota Surabaya saat itu, seperti apa kondisi masyarakatnya, dan sudah ada kebun binatangnya atau belum, hehe. Tapi sepertinya percakapan kita ini akan lebih menitikberatkan kepada pembangunan patung Sura dan Baya sih.

    Selain itu, aku mau menyampaikan kesukaanku terhadap patung Surabaya, berterima kasih padanya karena telah membuat patung itu dan menghargai karyanya dengan menceritakan jasanya sebagai si pembuat patung kepada setiap orang. Dengan begitu dia akan merasa dihargai, hihi

    Like

  29. Nama : Humaira

    Facebook : Humaira Balfas

    Twitter : @RaaChoco

    IG : tidak ada

    Wattpad : Raapunzel91

    Link share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/737301543909629952?p=v

    Jika kau memiliki telepon yang dapat menghubungkanmu dengan masa lalu, siapa yang akan kau telepon dan apa yang akan kau katakan?

    Kakek dari mamah.
    Aku mau mengadu sebenarnya. Sejak kakek meninggal, majlis (tempat mengaji) yang kakek bangun semakin dengan jerih payah dan usaha yang sulit, kini sepi dan berhenti sama sekali. Kosong. Tempat dulu aku belajar dasar agama (shalat, mengaji dan menulis huruf arab) itu kini sama sekali tidak ada lagi. Tempat yang selalu ramai setiap habis maghrib dari hari sabtu-rabu, selalu ramai saat Ramadhan tiba, karena ada tarawih bersama. Tidak hanya keluarga tapi semua orang. Tempat yang selalu mengadakan ceramah seminggu 1-2 kali untuk orang dewasa pada hari-hari biasa, dan setiap hari saat bulan Ramadhan. Aku merindukan itu semua, sangat. Semenjak kakek meninggal, orang-orang yang datang mulai berkurang sampai pada akhirnya habis. Yang tersisa hanyalah buku-buku agama milik kakek yang berak-rak banyaknya, papan tulis untuk mengajar, meja kecil untuk mengaji dan sekat pembatas antara anak laki-laki dan perempuan. Aku benar-benar merindukan itu semua.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s