Piece 01 by Hinako Ashihara

18054827Judul: Piece 01

Judul asli: Piece – Kanojo no Kioku / Piece~彼女の記憶~

Mangaka: Hinako Ashihara

ISBN : 6020212904
ISBN13 : 9786020212906
Tanggal Terbit : 12 Juni 2013
Penerbit : Elex Media Komputindo

 

Sinopsis:

Sebuah telepon mengacaukan rutinitas Mizuho. Telepon itu mengabarkan tentang kematian temannya semasa SMA, Haruka Origuchi. Tak sampai di situ, Mizuho pun menghadapi kenyataan masa lalu yang mengejutkan tentang Origuchi.

Apalagi setelah Mizuho menyanggupi permintaan sang ibu yang meminta bantuannya untuk menguak rahasia sang putri dan kekasih yang tak pernah diceritakan pada sang ibu. Tapi semua makin rumit karena untuk itu Mizuho berarti harus berhubungan kembali dengan Hikaru Narumi yang pernah mencuri ciuman pertamanya di masa SMA.

Editor’s Note

*Pemenang penghargaan Shogakukan Manga Award tahun 2013 untuk kategori komik remaja cewek.

*Sudah diadaptasikan menjadi drama.

Review:
My rating: 4 of 5 stars
Sebelum mengenal manga online, biasanya untuk membuat keputusan membeli atau tidak sebuah komik, aku akan pergi ke toko buku dan kemudian melihat-lihat komik yang ada.
Setelah mengenal manga online, aku hanya membeli komik yang aku suka setelah membaca komik tersebut di manga online. Aku merasa cara efektif karena sekarang aku jarang sekali kecewa setelah membeli komik.

Namun ternyata cara tersebut ada kekurangannya (emang ya.. ngga ada yang sempurna di dunia ini, kecuali Allah). Kekurangannya adalah aku jadi hanya tahu komik-komik yang ada di manga online. Aku terlambat mengetahui keberadaan sebuah komik yang sudah diterbitkan. Biasanya sih komik yang aku baca di manga online belum terbit di indonesia. Namun ada kasus-kasus pengecualian.

Hal itulah yang terjadi dengan manga piece karya Hinako Ashihara ini. Aku baru membaca komik ini di manga online awal Maret lalu dan langsung jatuh cinta. Ketika aku mengecek apakah sudah terbit di Indonesia atau belum, ternyata manga piece yang volume 1 ini sudah terbit Juni 2013. Demi apa?! :O
3 tahun lalu… (._.)
Aku hanya bisa berdoa semoga aku masih bisa mendapatkan manga ini.

Aku langsung mencari ke Gramedia Depok, namun sayangnya tidak ada. Aku kemudian ingat di lobi parkir Gramedia Depok ada sale buku dan komik murah yang berlangsung sepanjang tahun. Yang dijual disana memang komik atau buku-buku yang sudah cukup lama. Setelah setengah jam mencari di tumpukan komik lama yang sudah banyak debu, akhirnya aku menemukan manga Piece no 1 & 3. Kondisi sudah lecek dan kondisi terbuka sih, tapi tidak apa-apa, yang penting punya. Terlebih lagi, aku bisa membelinya dengan harga @ Rp 5000. Jadi total cuma keluar Rp 10.000 . Alhamdulillah! 😀

*sujud syukur*

Manga piece volume 1 ini menceritakan Mizuho, seorang mahasiswa yang menerima telepon bahwa teman sekelasnya saat SMA, Origuchi meninggal. Mizuho mengingat Origuchi sebagai seorang yang penyendiri. Ketika berkunjung melayat, Ibu Origuchi berterima kasih kepada Mizuho karena telah menjadi teman dekat Origuchi. Mizuho membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa mereka tidak dekat.

Mendengar percakapan tersebut, teman sekelas satu SMA Mizuho yang lain, Narumi menegur Mizuho dan mengatakan bahwa sebaiknya dia berbohong dan mengaku sebagai teman baik Origuchi sehingga tidak menambah duka sang Ibu.

Mizuho yang merasa bersalah akhirnya mendatangi Ibu Origuchi di lain kesempatan dan meminta maaf. Ibu Origuchi pun meminta tolong Mizuho untuk mencari pacar Origuchi yang pernah membuatnya *spoiler* hamil dan keguguran *spoiler*. Mizuho akhirnya menyetujui permohonan Ibu Origuchi dan dimulailah pencarian siapa sebenarnya kekasih Origuchi.

Gila ngga sih cerita manga shojou dimulai dari pemakaman/kematiaan seseorang? Anti mainstream banget. Selain itu, Hinako Ashihara sensei pintar sekali membuat pembaca penasaran. Porposi flashback dan cerita saat ini rasanya pas.

Ada hal yang kupikir sebaiknya aku tak tahu. Tapi sudah terlambat. Suara kepingan teka-teki satu persatu dibuka

Selain itu, Karakternya hidup dan terasa nyata. Aku merasa masalah-masalah yang dialami para tokoh dapat menimpaku juga.

Buat kamu yang udah bosen baca tipikal manga shojou dengan cerita cewek biasa, tidak pintar jatuh cinta dengan cowok keren, kaya raya, pintar, ketua osis, sebaiknya baca manga ini! 😀

Review ini diikutsertakan dalam Comic Reading Challenge 2016

rookie

3 thoughts on “Piece 01 by Hinako Ashihara

Leave a Reply

