Attachments karya Rainbow Rowell

attachmentsJudul : Attachments

Penulis : Rainbow Rowell

Penerjemah : Airien Kusumawardani

Penyunting : Novianita

Cetakan :  pertama, Desember 2015

Jumlah halaman : 436

Penerbit : Penerbit Spring

ISBN : 978-602-71505-5-3

 

Sinopsis:

Lincoln masih belum percaya bahwa pekerjaannya sekarang adalah membaca E-mail orang lain. Saat ia melamar pekerjaan sebagai petugas keamanan Internet, pemuda itu mengira ia akan membangun firewall dan melawan hacker, bukannya memberi peringatan pada karyawan yang mengirim E-mail berisi lelucon jorok seperti sekarang.

Beth dan Jennifer tahu bahwa ada seseorang di kantor yang memonitor E-mail mereka. Hal itu adalah kebijakan kantor. Namun, mereka tidak menganggapnya serius. Mereka bertukar E-mail tentang hal-hal paling pribadi.

Saat Lincoln menemukan E-mail Beth dan Jennifer, pemuda itu tahu ia harus melaporkan mereka berdua. Namun ia tidak bisa. E-mail mereka terlalu menarik untuk dilewatkan.

Hanya saja, saat Lincoln sadar ia mulai jatuh hati pada salah satunya, sudah terlalu terlambat untuk memulai perkenalan.

Lagi pula, apa yang bisa ia katakan…?

 

Review:

Dapat dibilang ini adalah ke-3 kalinya aku membaca Attachments karya Rainbow Rowell. Sebelumnya aku sudah membaca yang versi bahasa Inggrisnya sebanyak dua kali. Meski begitu, aku merasa tidak bosan dan makin jatuh cinta dengan Attachments ini.

Ketertarikanku membaca novel Attachments karya Rainbow Rowell berawal dari review goodreads seorang teman. Dia bilang bahwa ini memuat kisah cinta sebelum pandangan pertama.

Aku mengerutkan alis ketika membaca review tersebut. Hah? Emang ada ya jatuh cinta sebelum pandangan pertama? Jatuh cinta yang seperti apa?

Berbekal rasa penasaran tersebut, akupun mulai membaca novel Attachments.

 

 *SPOILER ALERT*

 

Kesan pertama membaca novel attachments: Sukaaaa! 4,5 bintang!

Aku benar-benar menyukai buku ini terlepas aku tidak mengerti mengapa Lincoln jatuh cinta dengan Beth.

Email antara Beth dan Jennifer seru dan menyenangkan tapi sepertinya tidak akan membuatku jatuh cinta jika aku seorang lelaki.

Mungkin Beth bukanlah tipe tokoh utama perempuan favoritku.

 

Aku suka cara Lincoln berusaha move on dari Sam

Cintaku padamu sudah terlalu besar. Aku sudah merasa bahwa sesuatu di dalam dadaku akan melompat keluar saat aku melihatmu. Aku tidak bisa mencintai seseorang lebih besar dari cintaku kepadamu, karena itu akan membunuhku. Dan aku tidak akan bisa mencintai orang lain lebih sedikit dari cintaku padamu karena rasanya akan selalu kurang. Kalaupun aku mencintai gadis lain, hanya itu yang akan ada di pikiranku; perbedaan antara mencintaimu dan mencintainya -Lincoln kepada Sam.

 

 

dan bagaimana Beth menghadapi Christ.

 

Itulah Chris. Dia tidak pernah terburu-buru. Dia tidak pernah memperlihatkan kartunya. Dia selalu menutup telepon terlebih dahulu.

Dia selalu membuatku hampir tergila-gila. Aku merasa bahwa aku terlalu menginginkannya, yang membuatku makin menginginkannya.

Sangat menyakitkan dan sangat menyenangkan. Menyenangkan rasanya memiliki keinginan sebesar itu terhadap sesuatu

Aku terpaku pada satu hal. Aku tahu apa yang kuinginkan dalam hidup. Aku menginginkan Chris. Aku tidak memiliki rencana cadangan yang membosankan. -Beth

 

Membuatku belajar bahwa terkadang kita harus melalui hubungan yang buruk, yang membuat kita patah hati agar kita belajar. Suatu hari nanti, seseorang akan datang dan membuatmu menyadari mengapa hubungan-hubunganmu sebelumnya tidak berhasil.

Pelajaran lain yang aku dapatkan: Terkadang, kita tidak harus terburu-buru dan memaksakan suatu hubungan agar terjadi dengan cepat. If it meant to be, it will mean to be

aih.. Aku suka kisah yang berakhir happy ending 😀

Membaca Attachments mengingatkanku mengapa aku menyukai membaca. Membaca membuatku menjadi lebih kuat dan aku merasa mendapatkan pengalaman hidup meski tidak mengalami langsung yang dialami para tokoh.

 

Kesan setelah baca Attachments untuk ke-dua kali:

Aku sekarang jatuh cinta dengan Beth juga!

 

Dulu aku tidak memahami mengapa Jennifer & Beth mengobrol panjang via email. Mengapa mereka tidak bertemu langsung saja? (Awal membaca Attachments, aku baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja. Untuk obrolan panjang, aku terbiasa melakukannya melalui tatap muka).

 

Membaca ulang novel ini saat statusku sudah bekerja, sekarang aku mengerti pertemanan antara  Jennifer & Beth.  Aku sekarang juga sering mengobrol dengan rekan kerjaku via email/chat karena kami ingin mengobrol tapi ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Akhirnya mengobrol pun dilakukan via chat/email, alih-alih langsung bertatap muka.

Buku ini aku rekomendasikan untuk orang-orang yang patah hati. Buku ini akan menghiburmu dan membuatmu kembali optimis.

 

Kesan membaca Attachments yang ke-3 kali dan pertama kali untuk versi terjemahannya:

Aku senang sekali Penerbit Spring menerbitkan Attachments! Terima kasih Penerbit Spring!

Aku suka covernya. Manis. ❤

Aku suka catatan kaki yang ada di dalam versi terjemahan. Membuatku lebih memahami obrolan Jeniffer dan Beth.

 

Meskipun aku sudah membaca versi bahasa Inggrisnya dan tahu jalan ceritanya, aku tetap tidak bosan ketika membaca versi terjemahannya. Aku tidak bisa berhenti membaca. Mungkin karena tiap kali membaca Attachments, aku bisa mendapatkan kesan dan pemaknaan yang berbeda.

 

Yang jelas, bagiku kisah cinta antara Lincoln dan Beth sangat manis. Aku sepakat dengan yang dikatakan karakter Christine dalam novel ini:

Ada sesuatu yang romantis tentang hal itu. Semua wanita menginginkan seorang pria yang jatuh cinta pada jiwanya, selain juga penampilannya.  Jatuh cinta dengan seseorang karena siapa dirinya, apa yang dikatakannya,  dan apa yang diyakininya.

Buat kamu penggemar novel romance, novel Attachments karya Rainbow Rowell is a must read! 😀
Selamat membaca dan selamat mengalami jatuh cinta sebelum pandangan pertama! 😀

2 thoughts on “Attachments karya Rainbow Rowell

Leave a Reply

