16 Pelajaran dari Casual Vacancy by J.K. Rowling

 

Aku berhasil menyelesaikan membaca buku Casual Vacancy by J.K. Rowling. Terima kasih kepada Afa yang telah menghibahkan buku ini padaku. (^0^)/

Jika belum tahu Casual Vacancy, berikut data bukunya:

16173852The Casual Vacancy – Perebutan Kursi Kosong

Penulis: J.K. Rowling

Penerjemah: Esti Budihabsari, Andityas Prabantoro, Rini Nurul Badariah

Penyunting: Tim Penerbit Qanita

Penerbit: Penerbit Qanita

Cetakan:  pertama, November 2012

Jumlah halaman: 596

 

Sinopsis: Ketika Barry Fairbrother meninggal di usianya yang baru awal empat puluhan, penduduk kota Pagford sangat terkejut.

Dari luar, Pagford terlihat seperti kota kecil yang damai khas Inggris, dengan Alun-alun, jalanan berbatu, dan biara kuno. Tetapi, di balik wajah nan indah itu, tersembunyi perang yang berkecamuk.

Si kaya melawan si miskin, remaja melawan orangtua, istri melawan suami, guru melawan murid… Pagford tak seindah yang dilihat dari luar.

Dan kursi kosong yang ditinggalkan Barry di jajaran Dewan Kota menjadi pemicu perang terdahsyat yang pernah terjadi di kota kecil itu. Siapakah yang akan menang dalam pemilihan anggota dewan yang dikotori oleh nafsu, penipuan, dan pengungkapan rahasia-rahasia tak terduga ini?

 

Setelah membaca buku ini, aku ingin berbagi 16 hal yang aku pelajari dari Casual Vacancy. Simak ya! 🙂

1. Ganjaran bagi mereka yang mengalami peristiwa buruk adalah hak untuk menceritakannya kepada orang lain.
Hal ini mengingatkanku pada Q.S. An-Nisa ayat 148 “Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

2. Bersyukurlah kau masih hidup karena tubuh manusia puny sejuta satu cara untuk tiba-tiba berhenti berfungsi.
Kematian mendadak Barry Fairbrother di usia 40an membuat sebagian penduduk merasa bersyukur mereka masih hidup dan bahwa kematian itu dekat, tidak mengenal usia.

3. Sebagian lelaki bersedia melakukan apapun (termasuk berkata mencintaimu) untuk dapat tidur denganmu.

4. Bagi sebagian orang, kesalahan dari 99% manusia adalah merasa malu menjadi diri mereka; berbohong mencoba menjadi orang lain. Kejujuran adalah pengangan, senjata dan pertahanannya. Orang-orang takut saat kau jujur, kau membuat mereka terkejut.

5. Sebagian orang tak suka mengejek dan memancing emosi orang. Mereka justru berpegang teguh pada nilai-nilai moralitas dan menghabiskan waktu berjam-jam menginterogasi diri mengenai dorongan, keinginan, dan ketakutan yang dirasakannya. Mencoba membedakan mana yang benar-benar murni buah pikirannya dan mana yang merupakan hasil pengasuhan dan pengajaran.

6. Kau harus menerima bahwa orang lain juga nyata. Kau pikir kenyataan itu bisa ditawar, bahwa kami akan percaya begitu saja semua omonganmu. Kau harus menerima kami sama nyatanya dengan kalian; kau harus menerima bahwa kau bukan Tuhan.

7. Ada orang yang punya kebiasaan menilai berdasarkan kesan pertama, hanya dari satu tindakan. Dia sepertinya tidak memahami kemampuan luar biasa manusia untuk berubah, dan tidak mengapresiasi bahwa di balik wajah-wajah manusia yang lain, terdapat pula sisi liar dan unik yang belum terjelajahi, seperti dirinya.

8.Korban kekerasan seksual kadang tidak melapor pelakunya karena pelakunya adalah orang terdekat mereka.

9. Ada orang yang melakukan pengingkaran spontan yang dilakukan sepanjang waktu dengan terus-menerus mengatakan tak mungkin dia, tidak, aku tak pernah, tidak, bukan aku.

10. Salah satu rahasia pernikahan yang langgeng adalah bersedia memaafkan kesalahan pasanganmu berulang kali, meskipun mereka tidak pernah meminta maaf atas kesalahan yang mereka lakukan.

11. Kadang yang dibutuhkan anak bermasalah adalah seseorang yang percaya padanya, bersedia menjadi mentor dan mengatakan perkataan yang baik “Masalahmu akan lebih berat dibanding anak-anak lain. Aku juga dulu menghadapi masalah berat. Tapi, kau bisa lebih baik. Kau tak perlu terjerumus.”

12. Jangan melemparkan dirimu pada seorang pemuda dan menganggap bahwa memiliki bayi bisa menjadi solusi atas kesulitan yang menghimpitmu.

Krystal berpikir memiliki bayi akan membuat dia keluar dari masalah yang mengimpitnya. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Berusaha memiliki bayi tidak menyelesaikan masalah yang dia alami sekarang

13. Cahaya Tuhan bersinar dari setiap jiwa. Setiap orang memiliki sisi baik, yang perlu kita lakukan hanya percaya dan berusaha untuk mencari sisi baik tersebut.

14. Orang bisa melihat kesalahan orang lain dan meminta orang lain berubah menjadi baik dengan cepat, sementara dirinya tidak berkaca bahwa dia melakukan hal yang sama.

Howard ingin para pecandu berhenti total mengkonsumsi narkoba dan melihat program penyembuhan sebagai pemborosan anggaran sementara dirinya sendiri tidak mau nurut untuk diet sehingga biaya operasi by pass, obat-obatan, dan opname nya membengkak dan proses penyembuhannya menjadi lama.

15. Terkadang kau terlibat dalam hubungan yang rapuh dan dapat remuk berkeping-keping karena berpikir bersama seseorang lebih baik daripada sendirian.

Gav dan Kay menyadari hubungan mereka rapuh namun tidak ada yang mau mengakui. Mereka sering sekali berantem karena masalah sepele dan sama-sama tidak bahagia. Namun mereka mengira bersama seseorang lebih baik dibanding sendiri. Didukung faktor eksternal yaitu tekanan sosial/gosip dan anggapan putus di dalam kota kecil dimana setiap orang saling mengenal satu sama lain adalah hal yang tidak  menyenangkan.

16. Perisitiwa nyaris mati meredakan dorongan ingin bunuh diri dan lebih menghargai hidup.

Salah satu tokoh dalam novel ini, Sukhvinder berulang kali melukai dirinya sendiri. Namun setelah nyaris tenggelam dan kematian temannya, membuat dia menyadari dia masih ingin hidup.

Sekian 16 pelajaran dari Novel Casual Vancancy! 🙂

Kalau kamu bagaimana? Sudah baca Casual Vacancy juga kah?
Apa yang kamu pelajari? 😀

Advertisements

2 thoughts on “16 Pelajaran dari Casual Vacancy by J.K. Rowling

    • Makasih pujiannya 🙂 hana baru baca casual vacancy, harry potter, buku2 kuliah harry potter yang quiditch dari masa ke masa dan hewan fantastis, karya JK rowling yang lain The Cuckoo’s Calling hana belum baca jadi belum bisa komentar 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s