Rekomendasi Buku dari Siti & Ridha

Kalau kamu bertemu orang yang sangat cerdas, tanyalah buku-buku apa saja yang sudah dia baca.”

– Ralph Waldo Emerson.

painting-1077863_640
Image Courtesy of cdd20 at pixabay.com

 

Thanks Ralph untuk sarannya! Aku setuju dengan saranmu. Aku percaya bahwa tulisan bagus dan hebat dari seseorang dipengaruhi oleh buku bacaan mereka.  Oleh karena itu, aku akan menanyakan buku apa yang sudah dibaca dua penulis favoritku, Siti Zahrotul Luthfiyah (penulis di balik Blog Dialogika dan Dear Sun ) dan Ridha Intifadha (penulis Ridha Intifadha Tumblr ) .

Sering kali selesai membaca tulisan Siti & Ridha menimbulkan perasaan “Aaah~ Sumpah! Aku pengen nulis seperti itu juga!”. Dalam cerpen-cerpen yang dibuat Siti, aku sering dengan mudah mengidentifikasi diri dengan para tokohnya. Membuatku merasa terhanyut ketika membaca. Selain itu, deskripsi settingnya digambarkan dengan baik.

Esai-esai yang dibuat Ridha sering menggunakan analogi dan contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari menjadi hal yang menarik. Tiap kali baca esai refleksi Ridha tuh membuatku berpikir “Kenapa aku tidak terpikir membuat yang seperti ini?!”. Kagum sama Ridha!

Hal yang paling kusukai dari tulisan Siti dan Ridha adalah tulisan mereka memiliki nilai-nilai dan pesan Islam tetapi aku tidak merasa digurui ketika membacanya. Keren banget!

Mari cari tahu buku apa yang mereka baca sehingga bisa menghasilkan tulisan keren. O ia, wawancara kepada Siti dan Ridha, aku lakukan terpisah. Jadi bagian pertama akan berisi wawancara antara aku dan Siti dan kemudian dilanjut bagian dua yang berisi wawancara antara aku dan Ridha.
Semoga kalian menikmati percakapan kami sebagaimana aku menikmatinya. 🙂

 

Bagian 1. Aku & Siti

JgnL6x89
Siti

Hana Bilqisthi: Assalamualaikum Siti. Suka banget tulisan loe yang Realita. Eye opening 🙂

Siti Zahrotul Luthfiyah: Waalaikumsalam hana chaan. Hehe ..makasi udah membaca 🙂

Hana Bilqisthi:  Btw,gue suka pesan2 di tulisan loe, loe terkesan dewasa banget.  Gue ngga kepikiran yang loe tulis. Buku apa aja yang loe baca? Ngobrol sama siapa sampai bisa dewasa banget? Atau karena loe menekankan logika kali ya? Gue merasa masih diatur mood. Moody orangnya.  Trus curhat colongan

Siti Zahrotul Luthfiyah: Favorit gue kitab kitab klasik na.. Buku2 hamka. Ibnu athaillah.. ibn hazm

Hana Bilqisthi: Seperti nya gue perlu baca buku2 tsb. Gue bacanya cerita YA( young adult) dan remaja mulu

Siti Zahrotul Luthfiyah: Cuma karena itu buku berat klo ga suka mikir.. jd gue pengen nyampein pemahaman yang sama ke orang lain dengan lebih sederhana.. makanya suka nulis cerpen hihi..And ya gue suka mikir dan berlogika  thinking gue 88%

Hana Bilqisthi: 🙂

Siti Zahrotul Luthfiyah: ayoo baca..recommended bangett. Apalagi buku buku ibnu athaillah ntaab pisaan!

Hana Bilqisthi: Jazakillah khair Siti. Loe beli dimana biasanya?

Siti Zahrotul Luthfiyah: Waiyyaki. Di TM banyak ko..: Gramed , TGA jg ada

Hana Bilqisthi: 🙂

Siti Zahrotul Luthfiyah: Penerbitnya zaman atau penerbit republika. Buat awalan cb beli buku alhikam terbitan zaman , tulisan ibnu athaillah yangg covernya hitam.. itu ringan dan menyentuh.

Hana Bilqisthi: Buku alhikam ibnu athailah pernah gue baca

Siti Zahrotul Luthfiyah: Itu bukunya bagus.. tapi kan dia ada beberapa versi tafsir or terjemahan gtu.. nah yg gue baca yg dri penerbit zaman

Hana Bilqisthi: Sekali lagi Jazakillah khair ya siti rekomendasinya 😀

Siti Zahrotul Luthfiyah: Waiyyaki naa 🙂

 

Jadi, rekomendasi buku dari Siti adalah Kitab klasik & buku-buku Hamka

Bagian 2. Aku & Ridha

shdkzDel
Ridha

Hana Bilqisthi: Ridha

Ridha Intifadha: Ya?

Hana Bilqisthi: Tulisan loe keren. Bikin  jiper tulisan loe. Eh tapi ngga boleh bandingin. Btw loe bacaannya apa Ridha sampai bisa nulis bagus gitu?

Ridha Intifadha:  1. gue merasa tulisan gue ga bagus-bagus amat. Kadang harus diedit berkali kali padahal udh dipublish.

  1. bacaannya sebenarnya alquran dan hadist (eh tapi ini beneran). Coba dimaknai aja sesederhana mungkin. Dan kalau bisa dikaitkan sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Tulisan-tulisan gue sebenarnya penggunaan bahasa lain dari alquran dan hadist yg sebenarnya dikenal

Misal: gue coba langsung bikin dua tulisan

“cinta itu soal percaya. Tapi percaya saja tidak cukup, itu semua harus dibuktikan dengan keteguhan. Harus ada kesetiaan di dalamnya.”

Sebenarnya itu mah dr hadist, kalau setelah beriman, beristiqamahlah

 

****

Bagi saya menikah adalah soal ketenangan. Tapi itu baru pembukanya. Awalnya kita tenang karena bisa berbuat bebas untuk hal-hal tertentu namun tetap pada jalur yang ditetapkan di sisi lain. Namun ketenangan itu butuh kelapangan seiring prosesnya. Dalam perjalanannya, kita akan tahu sisi lain dari pasangan kita. Begitupun sebaliknya. Tapi jika ujian menuju kelapangan itu sudah dilewati, maka timbullah apa yang dinamakan cinta sejati. Manifestasi agung tentang hakikat ikhlas dan amanah.

Nah, kalau itu sebenarnya adalah pemaknaan gue atas sakinah mawaddah rahmah. Sakinah itu tenang, mawaddah itu kelapangan, dan rahmah itu kasih sayang. Bagi gue, ketiganya itu soal proses

Hana Bilqisthi:  ooh

Ridha Intifadha: Selebihnya buku-buku gue mah karena gue suka penulisnya aja. Fahd pahdepie, buya hamka dan aan mansyur

Hana Bilqisthi: Berarti loe punya kemampuan menerjemahkan yang rumit dan cerita ulang yang baik. Makasih udah niat banget jawab pertanyaan gue dengan panjang.  Siti juga baca buya hamka. Seems like gue harus baca tulisan beliau juga.

Ridha Intifadha: Ya begitulah. Gue suka buya hamka dari segi pemikiran islamnya. Gue suka fahd pahdepie dari ungkapan perasaannya. Salah seorang sahabat bahkan pernah bilang ketika membaca buku Fahd itu mengingatkannya kepada sosok gue.Gue suka aan mansyur dari segi gaya penulisan, budaya (bugis) hingga logika berpikir yg mencerminkan kecerdasannya.

Hana Bilqisthi: Ridha, loe bilang loe baca quran dan hadist kan? Berapa banyak sehari?

Ridha Intifadha: Ga banyak. Ya kalau quran standar sih satu juz per hari. tapi kalau hadist sebatas ingatan di pesantren. Cuma memang kalau mau dimaknai secara dalam. Kalau mau baca aja tulisan2 lama di tumblr. Itu banyak yang soal pemaknaan gue atas suatu konteks dan dikaitkan dg teks

Hana Bilqisthi: Gue suka tulisan loe sama siti dari pemikiran islam kalian. Kalau nulis biasanya ada hikmahnya  (乃˘⌣˘)乃 Jazakallah khair sharingnya. Keep writing ya.

Ridha Intifadha: Sip sip

 

Jadi, rekomendasi buku dari Ridha adalah Quran, Hadist, Buya Hamka, Fahd & Aan Mansyur.

 

Kalau kalian bagaimana? (^0^)/
Siapa penulis favorit kalian?
Sudahkah bertanya buku apa yang pernah mereka baca? 😀

Advertisements

4 thoughts on “Rekomendasi Buku dari Siti & Ridha

  1. Rekomendasi yang bagus banget, Hana!
    Dan lagi butuh banget, thankyouu 🙂
    Akhir2 ini aku juga suka baca buku islami islami gitu, tapi sebagai pemula aku juga agak was was baca ginian takut penulis atau penerbutnya agak gitu hehe
    takutnya gasadar aku kebawa aliran*loh. Rentan banget kan apalagi pemula gini hihi. Jadi worthty banget ini reviewnya ^^

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s