Aku Doamu by A.K.

AKU DOAMU (Quanta)AKU DOAMU by A.K.

My rating: 4 of 5 stars

Buku motivasi Islam ini cocok dibaca ketika merasa sedih dan pesimis.
Meski sebenarnya sebagian besar isi buku ini sudah sering kita dengar, tapi penulis A. K. berhasil menceritakan ulang dengan baik dan fresh.
Saya suka layout buku ini. 🙂

Buku ini mengajakmu untuk optimis serta berprasangka baik kepada Allah

Pernahkah kamu merasa pesimis kalau doamu tidak akan didengarkan? Pernahkah kau merasa begitu hina sehingga Allah tidak peduli padamu? Pernahkah kau merasa Allah tidak mau menerima doa dan segala amalmu?
Hal-hal inilah yang menggerogoti imanmu, yang membuat doa-doamu terhambat dikabulkan
Dengan meminta pertolongan dan berpikir positif, jiwa kita akan menjadi lebih kuat. Bukan berarti dengan berdoa menjadi malas untuk bekerja. Ini juga salah. Doa membantu kita dalam bekerja. Dan bekerja adalah caramu mewujudkan doa.

 

Semua masalah dan kesulitan yang sedang kau alami sudah ditakar sesuai kemampuanmu. Berat ringannya masalah adalah kau yang menentukan. Bersikap kuat dan mohonkan kemudahan dari Allah. Di saat seperti inilah Allah mencoba mendekatimu. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini untuk mendekat kepada-Nya.
Jangan berburuk sangka dengan mengira Allah begitu jahat karena telah membuatmu sedih, membuatmu sengsara.
Hapuslah semua pikiran burukmu itu!
Semua ujian itu sebenarnya untuk kebaikanmu:
• Mungkin kau sedang diperingatkan karena salah, karena lupa kepada_nya
• Mungkin kau sedang dijewer karena kau punya banyak dosa sehingga harus bertobat
• Mungkin kau sedang dipeluk karena Allah ingin kau kembali mengingat-Nya

Ingatlah bawah dengan diberi ujian, Allah sebenarnya sayang kepadamu. Saat ini, hal terbaik yang harus kaulakukan adalah menguatkan diri, berpikir positif, dan kembali pada-Nya.

Buku ini juga mengajak kita untuk berdoa dengan sepenuh hati

Jika kau berdoa sambil lalu, pasti sesuai berdoa, kau akan lupa. Walaupun diulangi sampai seribu kali, tetapi doa itu tidak ada yang masuk ke dalam hati. Justru allah ingin kau berdoa dengan hati.

Aku suka pesan di buku ini mengenai larangan mengatakan hal buruk ketika dirimu sedang berada dalam masalah karena secara tidak langsung kau mensugesti dirimu sendiri.

Jika terjadi hal yang buruk, jangan bilang kalau dirimu pembawa sial. Jika kau tidak bisa melakukan sesuatu, jangan bilang kalau kau bodoh. Jika rezekimu seret, jangan pernah bilang kalau kau akan miskin terus!

Buku ini juga menyarankan agar kita menulis masalah dan keluhan kepada Allah dalam bentuk surat. Misal:

Jangan bosan-bosan mendengarkan keluhanku ya Allah. Saat ini aku daam keadaan yang sangat bingung, dihadapkan pada pilihan yang sulit.
Banyak sekali pikirn-pikiran buruk yang menemaniku saat ini. Aku merasa tidak sanggup hidup sendiri tanpa pertolongan-Mu. Semoga Engkau melihat surat ini dan mengerti apa saja kesulitan yang sedang kualami saat ini.
Bantulah aku dalam mengatasi masalah ini ya Allah.

Salah satu cara untuk mendapatkan yang kita inginkan adalah mendoakan orang lain yang memiliki keinginan yang sama. Jika setelah kita mendoakan orang lain untuk sukses tapi orang lain malah sukses terlebih dahulu dan kondisi kita tidak berubah, penulis AK mengatakan agar kita jangan takut, jangan iri.

Disini Allah mengujimu untuk berbesar hati. Disini Allah mengujimu untuk bersabar. Di balik itu, ketahuilah bahwa dengan mengabulkan doamu untuk orang lain, Allah memberi pahala yang besar buatmu. Amin.

Penulis A.K. selalu menasihatkan agar percaya kepada diri sendiri dan percaya kepada Allah. Dua itu saja. Niscaya hidupmu akan berubah menjadi lebih baik.

Mengeluh dan mengomel adalah pekerjaan orang-orang yang tidak percaya kepada dirinya sendiri. Mereka selalu melihat hal-hal negatif yang ada dalam hidup, padahal sebenarnya di balik suatu masalah ada hal yang positif yang telah dipersiapkan oleh Allah.

Apakah Allah tidak mendengarkanku?
Kau mengecilkan Allah! Allah itu maha mendengar! Semua doa pasti didengarkan.

Kurasa tagline judul buku ini cocok dengan pesan utama dalam buku: Berdoalah dengan hati 🙂
Dapat dikatakan buku ini masuk ke dalam daftar buku motivasi islam yang recommended menurutku 😀

View all my reviews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s